Jakarta (ANTARA) - Cuaca DKI Jakarta pada Rabu diprakirakan cerah dan cerah berawan serta tidak ada potensi turun hujan dengan suhu tertinggi mencapai 31 derajat celsius.

Data resmi di laman Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) di Jakarta, Rabu, menyebutkan bahwa seluruh wilayah DKI Jakarta pada Rabu pagi akan cerah berawan dengan suhu pagi hari rata-rata diprakirakan 25 hingga 29 derajat celsius.

Memasuki siang hari, wilayah DKI Jakarta yang terdiri dari Jakarta Pusat, Barat, Timur, Utara, Selatan, dan Kabupaten Kepulauan Seribu diprakirakan cerah, dengan suhu pada siang berada di kisaran 29-31 derajat celsius.

Beranjak pada sore hari, sebagian besar wilayah DKI Jakarta diprakirakan kembali cerah berawan, hanya Jakarta Timur dan Selatan cerah.

Kemudian, pada malam dan Rabu (9/7) dini hari wilayah Jakarta akan cerah berawan dengan suhu rata-rata 24 sampai 28 derajat celsius.

Sementara itu,  kecepatan angin berkisar 10 kilometer per jam dengan tingkat kelembaban udara berada pada kisaran 60 sampai dengan 90 persen.

Sebelumnya, Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto menjelaskan bahwa sebagian besar wilayah Indonesia telah memasuki musim kemarau.

Namun hujan masih dapat terjadi, meskipun dengan intensitas curah hujan di bawah 50 mm per dasarian.

Guswanto menyebutkan, ada potensi peningkatan curah hujan yang signifikan dalam sepekan ke depan di beberapa wilayah Indonesia.

Hal itu disebabkan oleh dinamika atmosfer skala regional hingga global yang signifikan, termasuk aktivitas Madden Julian Oscillation (MJO), Gelombang Kelvin, dan Rossby Equatorial di sebagian besar wilayah Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Kepulauan Maluku, dan Papua.

Selain itu, suhu permukaan laut yang hangat di perairan sekitar Indonesia juga ikut berkontribusi dalam mendukung pertumbuhan awan hujan yang signifikan di wilayah tersebut.

Baca juga: BMKG: Jakarta cerah berawan sepanjang Selasa kecuali Kepulauan Seribu

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2024