Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 15 karya jurnalistik dari sejumlah media nasional yang tiga diantaranya jurnalis Kantor Berita ANTARA telah menyabet juara dalam "Kasau Awards 2024" setelah melewati rangkaian seleksi dan penjurian dari jajaran Dewan Juri yang terdiri atas akademisi, Ketua Dewan Pers dan praktisi bidang jurnalistik.

Tiga dari 15 karya jurnalistik yang menyabet gelar itu, tiga diantaranya merupakan karya tulis feature dan foto berita yang dibuat oleh pewarta LKBN ANTARA, yaitu Genta Tenri Mawangi (Juara 1 Kategori Isu Strategis Media Cetak/Online), Asprilla Dwi Adha (Juara 1 Kategori Foto Jurnalistik Media Cetak/Online), dan M. Risyal Hidayat (Juara 2 Kategori Foto Jurnalistik Media Cetak/Online).

Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono dalam sambutannya saat acara pengumuman pemenang Kasau Awards 2024 di Jakarta, Rabu, menjelaskan anugerah jurnalistik itu merupakan wujud apresiasi dan penghargaan TNI Angkatan Udara kepada insan pers di Indonesia.

“Kasau Awards yang diselenggarakan setiap tahunnya merupakan wujud penghargaan dan apresiasi TNI Angkatan Udara kepada para jurnalis nasional yang telah berkontribusi aktif dalam bridging the gap (menjembatani jarak, red.) antara TNI Angkatan Udara dan masyarakat, serta turut membangun citra positif TNI Angkatan Udara baik di lingkungan nasional, regional, maupun global,” kata KSAU.

Dalam sambutannya yang dibacakan oleh Wakil Kepala Staf TNI AU Marsekal Madya TNI Andyawan Martono Putra saat acara itu, KSAU menegaskan bahwa berbagai pemberitaan positif mengenai keberhasilan misi dan operasi TNI AU yang disiarkan para jurnalis merupakan dukungan moril bagi para prajurit TNI Angkatan Udara. Oleh karena itu, KSAU menegaskan sinergi antara TNI AU dan insan pers harus terus diperkuat.

“Para jurnalis jadi kepanjangan tangan TNI Angkatan Udara kepada khalayak umum melalui publikasi dalam bentuk berita maupun program TV, baik secara tulisan atau foto jurnalistik di berbagai media cetak elektronik, dan online,” kata Tonny Harjono dalam sambutan yang sama.

Anugerah Jurnalistik Kasau Awards merupakan kompetisi karya jurnalistik yang rutin digelar tiap tahun oleh TNI Angkatan Udara. Kasau Awards 2024 atau Kasau Awards Ke-6 mengangkat tema “TNI AU yang AMPUH (Adaptif, Modern, Profesional, Unggul, dan Humanis)”.

Ketua Dewan Juri Dr. Dadang Rahmat Hidayat, yang merupakan Dekan Ilmu Komunikasi Universitas Padjajaran, menyampaikan ada 185 karya yang diseleksi dan dinilai oleh Dewan Juri.

"Karya-karya itu terbagi dalam enam kategori, yaitu Kategori Isu Strategis Media Cetak/Online, Kategori Isu Humanis Media Cetak/Online, Kategori Foto Jurnalistik Media Cetak/Online, Kategori Program News Televisi, dan Kategori Program Feature Televisi," katanya.

Berikut daftar lengkap pemenang Kasau Awards 2024:

Kategori Isu Strategis Media Cetak/Online: Juara 1 (Genta Tenri Mawangi, ANTARA), Juara 2 (Bachtiarudin Alam, Merdeka.com), Juara 3 (Dani Prabowo, Kompas.com);

Kategori Isu Humanis Media Cetak/Online: Juara 1 (Erik Purnama Putra, Republika.co.id), Juara 2 (Andi Aan Pranata, Sulsel IDN Times), Juara 3 (Sri Darni, RRI);

Kategori Program News TV: Juara 1 (Adi Gunawan Saputro, TVRI Sumatera Selatan), Juara 2 (Dono Purwanto, CNN Indonesia), Juara 3 (Zeki Rahmat, SCTV);

Kategori Program Feature TV: Juara 1 (Ni Luh Enik Ermawati, Kompas TV), Juara 2 (Hilario Oscar, Trans 7), Maro Pakpahan (SCTV);

Kategori Foto Jurnalistik Media Cetak/Online: Juara 1 (Asprilla Dwi Adha, ANTARA Foto), Juara 2 (M. Risyal Hidayat, ANTARA Foto), dan Imam Sukamto (Tempo).

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Edy M Yakub
COPYRIGHT © ANTARA 2024