Ankara (ANTARA) - Otoritas Taiwan pada Rabu menyatakan sebanyak 37 pesawat militer China terdeteksi terbang di sekitar wilayah pulau yang memiliki pemerintahan sendiri itu.

Otoritas Pertahanan mengatakan 36 pesawat melewati garis median sensitif di Selat Taiwan dan memasuki zona identifikasi pertahanan udara (ADIZ).

“Dalam melakukan pelatihan gabungan udara-laut bersama dengan kapal induk Shandong dan kapal PLAN lainnya. #ROCArmedForces telah memantau situasi dan merespons dengan tepat," kata otoritas tersebut di X.

“Secara keseluruhan 37 pesawat Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) dalam berbagai jenis (termasuk J-16, H-6, KJ-500, UAV, dll.) terdeteksi mulai pukul 05.20 hari ini. Dari jumlah tersebut, 36 diantaranya melintasi garis median # Selat Taiwan dan memasuki bagian selatan dan tenggara ADIZ Taiwan.”

China menganggap Taiwan sebagai provinsi yang memisahkan diri meski Taipei memiliki pemerintahannya sendiri sejak 1949. Beijing telah bersumpah untuk menyatukan kembali pulau tersebut, termasuk dengan kekuatan jika diperlukan.

Sumber: Anadolu

Baca juga: Taiwan deteksi 23 pesawat tempur, 5 kapal China dekati wilayahnya
Baca juga: Suplai senjata ke Taiwan, China sanksi perusahaan AS Lockheed Martin

 

Pewarta: Yoanita Hastryka Djohan
Editor: Primayanti
COPYRIGHT © ANTARA 2024