Jakarta (ANTARA) - Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) berterima kasih kepada Universitas Al Azhar, Kairo, Mesir, atas perannya yang telah mendidik pelajar NU selama lebih dari satu abad.

"Nahdlatul Ulama harus menyatakan ungkapan terima kasih yang tak terperi atas jasa Al Azhar selama lebih satu abad ini dalam mendidik pelajar-pelajar kami dengan ilmunya para ulama Ahlis Sunnah Wal Jama’ah," ujar Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf di Jakarta, Rabu.

Pernyataan Yahya tersebut disampaikan dalam Forum Interfaith and Intercivilizational Reception yang dihadiri Grand Syekh Al-Azhar Ahmed Al Tayyeb di Jakarta.

Baca juga: Universitas Al Azhar Mesir tambah kuota beasiswa pelajar RI

Gus Yahya, sapaannya, mengatakan ilmu dari para ulama di Al Azhar telah membentuk generasi penyuluh dan pembimbing umat yang tersebar di lingkungan jamaah NU.

"Dengan ilmunya para ulama Ahlis Sunnah Wal Jama’ah menjadi penyuluh-penyuluh dan pembimbing-pembimbing umat sehingga ulama Azhariyyun bertebaran di lingkungan jam’iyyah dan jamaah kami," kata Gus Yahya.

Gus Yahya menegaskan pentingnya peran Syekh El-Tayeb dan Al-Azhar dalam menyebarkan nilai-nilai perdamaian global dari dunia Islam, termasuk melalui konsep Islam wasathiyah atau Islam moderat.

Baca juga: Grand Syekh Al Azhar: Mengkafirkan umat beragama bukan ajaran Islam

Kunjungan ini menegaskan kembali hubungan yang erat antara NU dan Al-Azhar dalam upaya bersama untuk mempromosikan perdamaian, moderasi, dan pemahaman Islam yang inklusif.

"Semua bergembira dan berbahagia menyambut kunjungan Syekh bersama rombongan, dengan penuh rasa terima kasih atas peran Syekh dan Al Azhar dalam menggaungkan seruan-seruan perdamaian global dari arah dunia Islam, antara lain dengan memperkenalkan wacana tentang Islam Wasathiyah," kata Gus Yahya.

Dalam forum tersebut Grand Syekh Al Azhar Ahmed Al Tayyeb akan bertemu dengan berbagai tokoh agama termasuk Kardinal Suharyo (Katolik), Bhante Pannavaro (Buddha), Gomal Gultom (Protestan), WS Mulyadi Liang (Kong Hu Cu).

Baca juga: Ponpes Darunnajah siap sambut kehadiran Grand Syekh Al-Azhar Mesir
Baca juga: Jokowi-Grand Syekh Al Azhar bahas bilateral RI-Mesir hingga perdamaian

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2024