Jakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengajak masyarakat membantu meringankan korban bencana di berbagai daerah, baik korban bencana letusan Gunung Kelud, Gunung Sinabung maupun bencana alam lainnya.

"Melalui mimbar ini saya mengajak siapa pun yang memiliki kelebihan, bantulah saudara-saudara yang memerlukan itu. Uluran tangan saudara-saudara adalah tugas yang sangat mulia," kata Presiden Yudhoyono pada perayaan Cap Go Meh di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jumat malam.

Presiden menyatakan, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah terus bekerja menangani para korban bencana, namun uluran tangan masyarakat akan memupuk rasa kesetiakawanan dan persaudaraan.

Menurut Presiden, letusan gunung Kelud saat ini telah mengakibatkan 100.000 orang lebih mengungsi dan dapat terus bertambah bila letusan masih terjadi.

Sementara itu, Ketua Panitia Perayaan Cap Go Meh Murdaya Po menyatakan turut berduka dan bersedih atas bencana yang menimpa saudara sebangsa di sejumlah daerah.

Sebagai satu bangsa, kata dia, komunitas Tiong Hoa di Indonesia juga merasakan kesedihan yang sama.

Pewarta: Muhammad Arief Iskandar
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2014