Pangkalpinang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov Babel) memberikan penghargaan UMKM Award 2024 kepada pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM), dalam rangka memperingati Hari UMKM Internasional di daerah ini.

"Penghargaan ini sebagai selebrasi dan penghargaan kepada pelaku UMKM yang berkreasi, berinovasi dan mengembangkan usahanya dari lokal ke nasional, bahkan internasional," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Koperasi dan UKM Babel Riza Aryani, di Pangkalpinang, Rabu.

Ia mengatakan lomba UMKM Award 2024 ini dalam rangka memperingati Hari UMKM Internasional yang jatuh setiap 27 Juni, dan peringatan Hari UMKM Nasional pada 12 Agustus, diikuti 230 orang pelaku UMKM tersebar di Kabupaten Bangka, Bangka Tengah, Bangka Barat, Bangka Selatan, Belitung, Belitung Timur, dan Kota Pangkalpinang.

"Kegiatan ini untuk pengembangan dan pemberdayaan kepada pelaku UMKM terus dilakukan di semua aspek mulai dari legalisasi usaha atau perizinan sampai ke peningkatan kualitas SDM UMKM berbasis teknologi informasi," katanya pula.

Ia menyatakan UMKM Award tahun ini dapat terwujud atas kerja sama, sinergi dan kolaborasi semua pihak, sehingga UMKM mudah dalam melakukan aktivitas usaha dan kegiatan usaha semakin berkembang.

"Kami bersama Kementerian Koperasi dan UKM terus bersinergi dengan berbagai pihak, baik perbankan, BUMN, instansi vertikal, organisasi perangkat daerah lainnya terus membina dan memberdayakan pelaku UMKM sesuai dengan tugas fungsi dan kewilayahannya," katanya lagi.

Menurut dia, UMKM Award tahun ini juga nanti akan disampaikan penghargaan kepada usaha kecil berprestasi, wirausaha pemula berprestasi, wirausaha mapan berprestasi dan wirausaha disabilitas.

"Kegiatan hari ini diharapkan adanya komitmen semua pihak untuk terus mendukung kemajuan UMKM Babel, agar terus tumbuh dan berkembang serta berdaya saing baik skala lokal, nasional bahkan global," katanya pula. 
Baca juga: Indonesia Marketing Association selenggarakan IMA UMKM Award untuk kembangkan ekosistem UMKM
Baca juga: Babel gelar UMKM Award peringati Hari UMKM Internasional

Pewarta: Aprionis
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2024