Pesawaran (ANTARA) - Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman mengatakan bahwa untuk terus meningkatkan produksi maka harus memberikan ruang bagi petani untuk memperoleh keuntungan dalam mengusahakan lahannya.
 
"Mimpi kita bersama ke depan adalah menjadikan Indonesia sebagai lumbung pangan dunia, dan mampu memberi makan bagi yang kelaparan. Jadi kita terhormat dan dihormati dari penyediaan pangan ini," kata Andi Amran Sulaiman di Pesawaran, Lampung, Rabu.
 
Ia mengatakan untuk mewujudkan swasembada pangan tersebut, maka perlu dilakukan upaya meningkatkan produksi pangan.
 
"Kita bisa meningkatkan produksi pangan, yang penting beri ruang untuk petani mendapatkan keuntungan dari hasil mengelola lahannya," ujarnya.
 
Dia menjelaskan hal tersebut menjadi salah satu wujud nyata dari tindakan keberpihakan kepada petani.
 
"Selain membiarkan petani mendapatkan keuntungan, perlu juga kita jangan mempersulit petani dari segi penyediaan sarana produksi termasuk pupuk, dan berbagai hal lainnya agar produktivitas baik," ucap dia.
 
Menurut dia, Indonesia telah tiga kali mengalami swasembada pangan yaitu di 2017, 2019 dan 2020. Sehingga memiliki kemungkinan besar untuk mewujudkannya lagi.
 
"Program unggulan pemerintah ini semua mendukung pertanian jadi ini bisa dicapai dengan singkat kalau dilakukan secara berkolaborasi bersama berbagai pihak," kata dia.
 
Dia pun berharap petani-petani semakin sejahtera dan sektor pertanian dapat terus terjaga.

"Dengan berbagai program ini diharapkan petani terbantu, sehingga produksi meningkat keamanan pangan terjaga," tambahnya.

Pewarta: Ruth Intan Sozometa Kanafi
Editor: Biqwanto Situmorang
COPYRIGHT © ANTARA 2024