Jakarta (ANTARA/JACX) – Sebuah unggahan video berdurasi 16 detik di X menampilkan video wajah seekor harimau namun memiliki tubuh sirip seperti anjing laut juga ekor untuk berenang.

Harimau tersebut terlihat terdampar di sebuah pantai, namun tidak diberi keterangan nama pantai tempat video itu diambil.

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:

“Klo yg ini Ikan Macan”

Namun, benarkah video harimau laut terdampar di pantai?

Unggahan yang menarasikan video harimau laut terdampar di Pantai. Faktanya, video tersebut merupakan hasil AI atau deepfake. (X)
Penjelasan:

Berdasarkan penelusuran ANTARA dengan menggunakan alat pendeteksi kecerdasan buatan yakni Hive Moderation, yang mana video tersebut 85,3 persen merupakan buatan AI atau deepfake. Video ini beredar bukan hanya di Indonesia, melainkan juga di negara lain. 

 

Hasil pendeteksi AI yang menarasikan video tersebut 85,3 persen merupakan deepfake. (Website)
Deepfake sendiri merupakan teknologi manipulasi video dan audio yang menggunakan kecerdasan buatan untuk menciptakan konten yang membuat orang terlihat atau terdengar melakukan hal-hal yang sebenarnya tidak dilakukan. 

Teknologi ini telah muncul sejak tahun 2017 dan terus berkembang dengan kemampuan yang semakin canggih dalam mengubah wajah dan suara seseorang dalam video.

Klaim: video harimau laut terdampar di pantai

Rating: hoaks

Cek fakta: Hoaks! Video sapi laut di Bangkalan Madura

Cek fakta: Hoaks! Video Jokowi akan bagikan pengeras suara kepada masyarakat diakhir jabatannya

Baca juga: Wamenkominfo ingatkan bahaya "deepfake" sebarkan kekacauan informasi

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
COPYRIGHT © ANTARA 2024