Jakarta (ANTARA) - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat mengumumkan pasangan calon gubernur-calon wakil gubernur yang didukung partai untuk maju Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 di Provinsi Riau, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), dan Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengumumkan nama-nama itu secara bergantian yang dilanjutkan dengan penyerahan surat rekomendasi kepada masing-masing pasangan itu di Kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta, Rabu.

Di Riau, Partai Demokrat resmi mendukung Muhammad Nasir dan Muhammad Wardan sebagai pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur untuk Pilkada 2024. M Nasir, yang merupakan kader Partai Demokrat dan anggota DPR RI tiga periode, merupakan kerabat dari eks bendahara umum Demokrat Nazaruddin. Sementara itu, M Wardan merupakan Bupati Indragiri Hilir Periode 2018–2023.

"Kami yakin pasangan ini bisa saling melengkapi satu sama lain, bisa menjadi kekuatan yang solid, dan mudah-mudahan koalisi pengusung bisa sama-sama bekerja dan berjuang," kata AHY ke pasangan M Nasir-M Wardan.

Dengan demikian, pasangan M Nasir-M Wardan saat ini menerima dukungan dari beberapa partai politik, di antaranya Demokrat, PPP, dan PSI.

Di lokasi yang sama, AHY juga memberikan surat rekomendasi untuk Elly Engelbert Lasut dan Michaela Elsiana Paruntu sebagai pasangan calon gubernur-calon wakil gubernur untuk Pilkada 2024 di Sulawesi Utara.

Elly Lasut merupakan kader Demokrat yang pernah menjabat Bupati Kepulauan Talaud periode 2004–2009, 2009–2010, dan 2020–2024. Dia juga pernah mengisi posisi sebagai Ketua DPRD Kepulauan Talaud periode 2003–2004. Elly Lasut merupakan ayah dari Hillary Brigitta Lasut, politikus muda Demokrat yang saat ini mengisi kursi di DPR RI.

Sementara itu, pasangannya Michaela merupakan politikus yang punya latar profesi sebagai dokter.

"Saya punya keyakinan, pasangan ini bisa benar-benar menjadi pasangan yang solid, kuat, yang bisa memenangkan hati dan pikiran masyarakat Sulawesi Utara," kata AHY ke Elly Lasut dan Michaela saat menyerahkan surat rekomendasi partai ke mereka.

Kemudian, pada hari yang sama, AHY juga menyerahkan surat rekomendasi kepada Lukman Abunawas dan La Ode Ida sebagai pasangan cagub-cawagub untuk Pilkada 2024 di Sulawesi Tenggara.

Lukman Abunawas merupakan Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara Periode 2018–2023, kemudian sebelumnya dia juga pernah menjabat sebagai sekretaris daerah Provinsi Sulawesi Tenggara, dan Bupati Konawe. Pasangannya, La Ode Ida, yang saat ini resmi menyandang status kader Demokrat, pernah menjabat sebagai anggota DPD RI, anggota DPRD RI, kemudian komisioner Ombudsman.

"Saya yakin dua tokoh politikus senior dengan jejak birokrasi dan lain-lain bisa menjadi pasangan yang kokoh, solid, dan bisa memenangkan Pilkada menjadi gubernur dan wakil gubernur 5 tahun mendatang," ujar AHY ke pasangan Lukman-La Ode Ida.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan pemilihan kepala daerah berlangsung serentak di 37 provinsi dan 508 kabupaten/kota. Pemungutan suara untuk Pilkada 2024 itu dijadwalkan berlangsung pada tanggal 27 November 2024.

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2024