Jakarta (ANTARA) - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) berupaya memperkuat kolaborasi pemerintah dengan sektor swasta dalam pengembangan pemanfaatan energi panas bumi dengan mendukung penyelenggaraan 10th Indonesia International Geothermal Convention & Exhibition (IIGCE) 2024.

“Kami berharap acara ini akan menjadi titik temu bagi para pemangku kepentingan untuk meningkatkan kolaborasi, mengidentifikasi peluang baru, dan merumuskan strategi bersama untuk menghadapi tantangan industri panas bumi kini,” ucap Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian ESDM Eniya Listiani di Jakarta, Rabu.

Ia juga mengatakan bahwa pihaknya berharap sinergi bersama antara pemerintah dan sektor swasta tersebut dapat memperkuat industri panas bumi di Indonesia dan menciptakan masa depan yang berkelanjutan bagi semua sektor perekonomian nasional.

Menurut PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE), pemanfaatan panas bumi di Indonesia baru mencapai 2,4 gigawatt (GW), atau sekitar 10 persen dari total potensi 23,9 GW.

Ketua Umum Asosiasi Panasbumi Indonesia (API) Julfi Hadi mengatakan bahwa Indonesia memiliki potensi panas bumi yang sangat besar dan tersebar di berbagai wilayah, tapi sering kali terdapat tantangan yang kompleks dalam pengembangannya.

Untuk mengatasi hal tersebut, ia pun menyoroti pentingnya kerja sama semua pihak, baik pemerintah, industri, akademisi, serta masyarakat, untuk meningkatkan industri panas bumi di Indonesia.

“Dengan mengangkat tema 'Powering Together: Stakeholder Unity in Geothermal Innovation and Acceleration', dalam konteks potensi panas bumi di Indonesia, tema ini menggambarkan esensi kolaborasi yang diperlukan untuk memaksimalkan manfaat sumber daya alam ini,” katanya.

Julfi menuturkan bahwa kebijakan pemerintah yang mendukung, seperti pemberian insentif fiskal dan penyusunan kerangka regulasi yang jelas, dapat membuka pintu bagi investasi yang lebih besar dalam pengembangan berbagai proyek panas bumi di Tanah Air.

Selain itu, lanjutnya, diperlukan pula inovasi teknologi hasil kolaborasi industri, lembaga riset, dan perguruan tinggi untuk mendukung pemanfaatan salah satu energi bersih tersebut secara efisien dan berkelanjutan.

Ia juga menyoroti pentingnya edukasi untuk membangun kesadaran masyarakat tentang potensi dan manfaat panas bumi untuk meningkatkan pemahaman mereka serta mendukung penerimaan sosial terhadap proyek-proyek panas bumi di daerah mereka.

“Hanya melalui kolaborasi yang erat, kita dapat mengoptimalkan potensi panas bumi Indonesia untuk memenuhi kebutuhan energi yang berkembang sambil mendukung visi transisi menuju energi bersih dan berkelanjutan,” kata Julfi.

Ketua Panitia Pelaksana 10th IIGCE 2024 Boyke Bratakusuma menyatakan bahwa acara tersebut dirancang untuk membuka dialog dan kolaborasi antara para pemangku kepentingan agar dapat mengoptimalkan peluang pembangunan panas bumi untuk mendukung transisi energi bersih.

“Selain itu, kegiatan ini menjadi wadah dalam mempromosikan kemajuan terbaru dalam penciptaan teknologi panas bumi, manajemen proyek, serta skema bisnis yang dipimpin oleh para ahli di industri” ujarnya.

The 10th IIGCE 2024 dijadwalkan berlangsung pada 18 hingga 20 September 2024 di Jakarta Convention Center (JCC).

Baca juga: Kemenkeu minta Geo Dipa gencarkan eksplorasi panas bumi
Baca juga: Pertamina Geothermal jalin kolaborasi kembangkan potensi panas bumi
Baca juga: Geo Dipa-UGM inovasi penggunaan pupuk dari mineral panas bumi di Dieng

 

Pewarta: Uyu Septiyati Liman
Editor: Biqwanto Situmorang
COPYRIGHT © ANTARA 2024