Banda Aceh (ANTARA) - PT Telkom Indonesia Wilayah Aceh menyatakan bahwa internet khusus bisnis (Indibiz) dapat membantu para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Banda Aceh dalam mengembangkan bisnis mereka.

"Karena itu kita mengenalkan layanan dari Telkom yang dapat membantu para pelaku usaha untuk mengembangkan bisnisnya, yakni Indibiz," kata General Manager Telkom Aceh, Teuku Fauzan, di Banda Aceh, Rabu.

Dirinya mengatakan, dalam rangka pengembangan profitabilitas bisnis di Aceh, Telkom Aceh melakukan kolaborasi bersama komunitas UMKM di Banda Aceh telah mengadakan workshop digital branding dengan Indibiz, ini juga sebagai upaya mengedukasi pelaku usaha.

T Fauzan menegaskan, para entrepreneur Aceh, khususnya di Banda Aceh, membutuhkan akses internet yang cepat dan stabil untuk mendukung kegiatan bisnis yang mereka jalani.

Kemudian, teknologi ini juga sebagai solusi digital untuk membantu maksimalkan bisnis. Karena menyediakan dukungan high speed internet dan layanan digitalisasi yang dirancang khusus untuk mendukung kesuksesan dan kemajuan bisnis.

Selain akses internet broadband, digitalisasi saat ini juga semakin menjadi kebutuhan bisnis masyarakat.

"Maka dari itu, kehadiran Indibiz ini sangat dibutuhkan dalam menunjang kelancaran aktivitas operasional, kenyamanan pelanggan, serta meningkatkan profitabilitas dari segi penjualan," ujarnya.

Dirinya menambahkan, beberapa pelaku usaha di Banda Aceh kini sudah mulai merasakan dampak positif dari layanan internet stabil. Termasuk saat memasarkan produk mereka.

"Kenyamanan dalam mengupload konten video untuk IG dan tiktok merchant hingga live streaming dalam memasarkan produk milik pelaku usaha," kata Teuku Fauzan.

Dalam kesempatan ini, salah seorang pelaku usaha Harvies Coffee Banda Aceh, Fadhil mengatakan, sebelum menggunakan Indibiz, mereka sering mengeluhkan kelambatan atau kurang stabilnya jaringan internet.

Akibatnya, para pelanggan yang sering bekerja sambil ngopi di sana merasa kurang nyaman.

"Kalau sekarang (telah menggunakan Indibiz) yang bekerja sambil laptopan sudah nyaman karena internet lancar dan stabil," demikian Fadhil.

Sebagai informasi, indibiz tidak hanya mendukung bisnis cafe dan resto, tetapi juga untuk sektor lainnya seperti perhotelan, edukasi, multifinance dan lainnya bakal berjalan maksimal dengan layanan digital netmonk monitoring jaringan, layanan CCTV, layanan omnichannel communication, serta layanan pijar manajemen sekolah.

Baca juga: Telkom tingkatkan kompetensi guru di era digital via Indibiz
Baca juga: Indibiz dinobatkan sebagai produk tahun ini
Baca juga: UMKM Pasuruan rasakan kemudahan solusi digital IndiBiz

 

Pewarta: Rahmat Fajri
Editor: Biqwanto Situmorang
COPYRIGHT © ANTARA 2024