Jakarta (ANTARA) - Petenis putri Indonesia Aldila Sutjiadi segera mengalihkan fokusnya ke turnamen US Open, setelah langkahnya di Wimbledon terhenti.

“Terima kasih atas dukungannya selama di turnamen Wimbledon ini, terutama mereka yang menyemangati lewat akun media sosial saya dan akun Wimbledon,” kata Aldila, dikutip dari keterangan resmi, Kamis WIB.

“Sungguh dukungan itu menyalakan semangat saya dan saya bertekad untuk terus berjuang membawa nama Indonesia,” ujarnya menambahkan.

Adapun Aldila bersama pasangannya dari Amerika Serikat, Jackson Withrow, terhenti di babak 16 besar Wimbledon 2024 nomor ganda campuran setelah kalah dari pasangan AS/Jepang, Nathaniel Lammons/Ena Shibahara dengan skor 6-7(5) 4-6.

Pada set pertama, Aldila dan Jackson sempat unggul 5-1 di tie break, tapi mereka gagal mempertahankan keunggulan dan akhirnya kalah 6-7(5).

Lalu pada set kedua, satu servis Aldila dan Jackson terkena break dan mereka pun kalah 4-6.

“Kami sebenarnya memiliki peluang mengambil set pertama, namun kami belum beruntung dan harus kehilangan set ini dan walaupun kami terus menekan di set kedua kami belum berhasil membalas kekalahan,” ujar Aldila.

Beberapa saat sebelumnya, Aldila dan Jackson baru saja menyelesaikan pertandingan lanjutan babak pertama ganda campuran yang ditunda satu hari karena hujan setelah set kedua berakhir.

Mereka berhasil mengalahkan pasangan petenis Italia, Andrea Vavassori/Sara Errani di babak pertama dengan skor 6-3 3-6 10-8.

Baca juga: Aldila optimistis menangi laga lanjutan ganda campuran Wimbledon

“Kami tampil sangat baik saat berhadapan dengan Andrea dan Sara, pertandingan berlangsung ketat, tapi kami berhasil memenangkannya,” kata Aldila.
 

“Tak lama usai pertandingan tersebut, kami langsung tanding di babak kedua berhadapan dengan Nathaniel Lammons/Ena Shibahara yang akhirnya kami tumbang,” ujarnya menambahkan.

Aldila mengungkapkan, perjalanannya di Wimbledon bisa dibilang cukup berat, karena cuaca London yang tak menentu dan kerap kali hujan hingga lapangan licin menyulitkan petenis, bahkan pertandingan harus ditunda hingga berjam-jam atau sampai keesokan harinya karena faktor cuaca.

Pada Wimbledon 2024, Aldila merupakan satu-satunya petenis Indonesia yang tampil membawa nama bangsa.

Dalam Grand Slam ke-11 ini, Aldila juga berlaga pada sektor ganda putri bersama Asia Muhammad dan langkah mereka pun terhenti di babak 16 besar.


Baca juga: Tekuk pasangan Rusia, Aldila/Asia melaju ke 16 besar Wimbledon 2024

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2024