Jakarta (ANTARA) - Berbagai peristiwa politik kemarin (10/7) di antaranya terkait dengan penerbitan keputusan presiden (keppres) yang resmi memberhentikan secara tidak hormat Hasyim Asy’ari dari jabatannya sebagai Ketua KPU RI sampai persiapan memasok listrik dan air ke IKN untuk mendukung kegiatan Presiden Joko Widodo berkantor di Nusantara.

Berikut rangkuman berita politik kemarin yang menarik untuk kembali dibaca:

Jokowi teken keppres pemberhentian dengan tidak hormat Hasyim Asy'ari

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menandatangani Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 73P tertanggal 9 Juli 2024 tentang pemberhentian dengan tidak hormat Hasyim Asy'ari sebagai anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

Demikian disampaikan Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana melalui pesan singkat kepada wartawan di Jakarta, Rabu.

Selengkapnya baca di sini.

Lapas di Nusakambangan fasilitasi napi gunakan hak pilih pada pilkada

Koordinator Wilayah Pemasyarakatan Nusakambangan dan Cilacap Mardi Santoso mengatakan seluruh lembaga pemasyarakatan (lapas) di Pulau Nusakambangan dan Cilacap memfasilitasi napi untuk menggunakan hak pilihnya pada Pilkada Serentak 2024.

"Saat ini seluruh lapas di Nusakambangan dan Cilacap dihuni sebanyak 2.051 napi," kata Mardi Santoso saat dihubungi dari Cilacap, Jawa Tengah, Rabu.

Selengkapnya baca di sini.

Lemhannas petakan daerah rawan konflik pilkada

Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) RI Letjen TNI Eko Margiyono mengatakan pihaknya tengah memetakan daerah-daerah yang rawan konflik atau gangguan dalam pelaksanaan Pilkada 2024.

"Terkait dengan pilkada serentak yang akan dilaksanakan pada bulan November nanti kami sudah memotret mana daerah-daerah yang rawan. Kami petakan," kata Eko usai menghadiri acara Kuliah Umum Wakil Presiden Ma'ruf Amin kepada Peserta Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) LXVI dan LXVII 2024, di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Rabu.

Selengkapnya baca di sini.

PDIP umumkan penantang Khofifah-Emil di Pilkada Jatim akhir Juli

Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan dikabarkan mengumumkan figur yang akan diusung untuk menantang pasangan calon petahana Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak (Khofifah-Emil) di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Timur pada akhir Juli ini.

"Tunggu akhir Juli ya," kata Sekretaris DPW PDIP Jatim Sri Untari Bisowarno saat acara Bincang Politik Pilgub Jatim 2024 bertemakan "Mencari Penantang Khofifah - Emil" yang digelar Kelompok Kerja Wartawan Grahadi (Pokja Grahadi) di Surabaya, Rabu.

Selengkapnya baca di sini.

Basuki pastikan air serta listrik IKN siap 17 Agustus

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono memastikan air, listrik hingga jaringan internet akan siap digunakan saat pelaksanaan upacara HUT Kemerdekaan RI 17 Agustus di Ibu Kota Nusantara (IKN).

"Tadi saya cek semua. Air, listrik, internet sudah oke (saat 17 Agustus)," kata Basuki dijumpai di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu.

Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2024