Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden Ma'ruf Amin meminta Calon Perwira Remaja (Capaja) TNI dan Polri Tahun 2024 berlaku responsif dan proaktif dalam menangani keluhan masyarakat.

Hal itu disampaikan Ma'ruf Amin dalam pesannya pada acara Pembekalan Wakil Presiden RI kepada Calon Perwira Remaja TNI-Polri Tahun 2024 di Balai Sudirman, Jakarta, Kamis.

"Jadilah prajurit TNI/Polri yang responsif dan proaktif di tengah-tengah masyarakat. Peka terhadap masalah yang muncul di lingkungan warga dan cepat menangani segala keluhan masyarakat," pinta Wapres.

Wapres berpesan kepada Capaja untuk membulatkan tekad mengabdikan diri bagi kepentingan bangsa dan negara, serta memupuk terus kemampuan untuk menjadi prajurit TNI dan anggota Polri yang visioner, adaptif, dan mampu bekerja sama dengan berbagai pihak untuk mencari solusi terbaik.

"Kembangkan inovasi, keterampilan, dan kemampuan analisis yang tajam, serta teruslah menjadi pembelajar," ujarnya.

Wapres juga meminta Capaja memperkuat disiplin dan integritas diri. Menurutnya, nilai-nilai Pancasila, Sapta Marga, dan Tribata adalah nilai-nilai minimum yang harus ada dalam pengabdian bagi bangsa dan negara.

"Tingkatkan terus kinerja dan kapasitas diri demi memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat," jelasnya.

Lebih jauh Wapres menyampaikan Capaja adalah generasi penerus yang akan berperan langsung dalam mengawal pencapaian visi Indonesia Emas 2045.

Dia menyampaikan saat ini Capaja sedang memasuki langkah awal dari perjalanan panjang pengabdian pada bangsa dan negara.

Pengabdian ini menurutnya harus dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab dan semangat juang yang tinggi, serta integritas yang kokoh.

"Kelak setelah menyelesaikan pendidikan dan pembelajaran, saudara sekalian diharapkan selalu siap mendedikasikan diri untuk bangsa dan negara dan siap menghadapi berbagai tantangan yang dinamis dan kompleks," ujarnya.

Untuk itu, Wapres meminta seorang Perwira muda TNI/Polri memiliki pengetahuan yang luas dan tinggi, serta kemampuan menganalisis setiap dinamika zaman secara mendalam.

"Namun, hati tetap berpijak di bumi dan diabdikan untuk mengutamakan rakyat dan menjaga kehormatan institusi," katanya.

Wapres meminta kepada para Capaja terus belajar, berlatih, dan mengembangkan diri untuk menjadi pemimpin yang profesional dan berintegritas, mengingat tugas yang tidak mudah dalam menjaga keamanan negara dan menjaga keutuhan NKRI.

Menutup sambutannya Wapres mengucapkan selamat kepada para Capaja TNI/Polri 2024 atas prestasi yang telah diraih selama mengikuti pendidikan.

Dia juga mengapresiasi Danjen Akademi TNI, Kalemdiklat Polri, para Gubernur Akademi Angkatan dan Akademi Kepolisian, serta pengajar-pengajar lainnya yang terlibat langsung dalam kegiatan pendidikan Taruna.

"Teruslah mencetak perwira-perwira andal sebagai calon pemimpin bangsa di masa depan. Saya harap para calon perwira remaja dapat menjadi teladan dan panutan yang mampu mendorong terciptanya tatanan hidup yang beretika, beradab, dan bermoral sesuai dengan nilai-nilai yang dikandung oleh Pancasila," ujarnya.
Baca juga: Wapres: Transisi pemerintahan yang damai ciptakan stabilitas politik
Baca juga: Wapres minta KPU perkuat dan benahi instansi untuk kelancaran Pilkada
Baca juga: Wapres minta peristiwa salah tangkap seperti Pegi tidak terulang

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Guido Merung
COPYRIGHT © ANTARA 2024