Timika (ANTARA) - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Papua Tengah secara resmi telah melepas 98 siswa-siswi penerima beasiswa Afirmasi Pendidikan Menengah (Adem) 2024 ke enam kota besar di Pulau Jawa.

Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Papua Tengah Marthen Ukago di Timika, Kamis, mengatakan enam kota studi tujuan siswa-siswi penerima beasiswa Adem yakni Banten, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Yogya dan Bali.

"Mereka berasal dari Kabupaten Nabire, Paniai, Dogiyai, Deyai, Intan Jaya, Mimika, Puncak, Puncak Jaya," katanya.

Menurut Marthen, pada 2023 Disdikbud Papua Tengah mengirim 97 siswa-siswi program beasiswa Adem, dan untuk 2024 sebanyak 98 orang.

"Mereka akan menempuh pendidikan menengah selama tiga tahun, jika sudah selesai akan kembali ke daerah asal tetapi jika mendapatkan beasiswa Afirmasi Pendidikan Tinggi (Adik) maka dapat melanjutkan pendidikan lagi," ujarnya.

Baca juga: Disdik Papua Barat: 63 orang ikut program afirmasi pendidikan menengah

Dia menjelaskan 98 siswa-siswi tersebut telah dijemput oleh pengurus dari kota studi di Timika, dan selanjutnya di bawah menuju kota studi masing-masing.

"Kami sudah melepaskan anak-anak kepada pihak sekolah tujuan yang datang menjemput mereka disini," katanya lagi.

Dia menambahkan Disdikbud Papua Tengah mengharapkan semua siswa-siswi asal daerah ini dapat serius dan bersemangat menjalani pendidikan selama tiga tahun di Pula Jawa.

"Bagi anak-anak ku tekun lah belajar, gali ilmu sebanyak-banyaknya dan jangan lupa selalu mengandalkan Tuhan dalam hidup agar segala sesuatu yang dilakukan berhasil," ujarnya lagi.

Baca juga: DPRD minta kuota jalur afirmasi ditambah untuk tampung siswa tak mampu

Pewarta: Agustina Estevani Janggo
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2024