Jakarta (ANTARA) - Direktur Utama TransJakarta, Welfizon Yuza mengungkapkan bahwa angka pengguna TransJakarta meningkat pada tahun ini dengan jumlah per harinya mencapai 1,3 juta penumpang.

Di tahun 2023, jumlah penumpang TransJakarta per hari mencapai 1,1 juta orang. Welfizon menilai, peningkatan tersebut merupakan salah satu pencapaian yang bagus sebab artinya masyarakat semakin banyak yang beralih menggunakan transportasi publik.

“Pencapaian ini terjadi pada saat libur lebaran dan libur sekolah dimana tahun sebelumnya biasanya relatif rendah," kata Welfizon saat dijumpai di Halte Senayan Bank DKI, Jakarta Selatan, Kamis.

Namun tahun ini, kata dia, pihaknya menyaksikan meskipun dalam suasana libur, jumlah pengguna TransJakarta terus meningkat.

Di samping itu, rencana pembatasan usia kendaraan di Jakarta juga diperkirakan akan semakin meningkatkan jumlah masyarakat yang beralih menggunakan transportasi umum.

Baca juga: Halte TransJakarta GBK resmi berubah nama jadi Halte Senayan Bank DKI
Baca juga: HUT Jakarta, tarif TransJakarta hanya Rp1


Karena itu, Welfizon mengatakan, pihaknya akan terus meningkatkan pelayanan. Misalnya, pada jam sibuk, PT Transportasi TransJakarta akan mengoptimalkan jumlah unit armada.

Tak hanya itu, pihaknya dalam waktu dekat juga akan merilis aplikasi baru untuk memudahkan para pengguna.

“Jadi aplikasi baru yang kita siapkan dimana nanti seluruh masyarakat akan bisa merencanakan perjalanan dengan lebih baik. Di aplikasi juga akan menyediakan informasi yang dibutuhkan serta bisa melakukan pembayaran,” ujar Welfizon.

Pihaknya akan bekerjasama dengan Google Map untuk mewujudkan aplikasi tersebut. Diharapkan aplikasi itu akan segera dapat dinikmati masyarakat sehingga dapat semakin memudahkan pengguna TransJakarta.

Pewarta: Lifia Mawaddah Putri
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2024