Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Satgas Perencanaan Pembangunan Infrastruktur Ibu Kota Nusantara (IKN) menyampaikan sejumlah tower Gedung Kementerian Koordinator atau Kemenko di IKN dapat difungsionalkan.

"Gedung Kemenko 1 untuk Upacara HUT Kemerdekaan RI 17 Agustus, maka empat tower yang ada di sini pada Juli ini akan fungsional," ujar Ketua Satgas Perencanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Imam Santoso Ernawi dalam konferensi pers daring di Jakarta, Kamis.

Adapun empat tower Gedung Kemenko 1 yang akan difungsionalkan yakni menara pertama sebanyak tiga lantai, menara kedua sebanyak tiga lantai, tower ketiga sebanyak tiga lantai, dan tower keempat sebanyak tiga lantai.

Demikian juga dengan tower Gedung Kemenko 2, untuk Juli ini Kementerian PUPR menyelesaikan fungsional hanya satu tower mengingat pembangunan Gedung Kemenko 2 dilakukan lebih belakangan. Namun Kementerian PUPR mengusahakan target enam lantai agar satu tower Gedung Kemenko 2 dapat difungsionalkan.

"Ini hanya ada satu tower dari empat tower yang ada. Tapi kita usahakan targetnya 6 lantai di sini di Kemenko 2," kata Imam.

Untuk Gedung Kemenko 3 juga sama dengan Kemenko 1 di mana terdapat beberapa lantai dari empat tower yang akan difungsionalkan yakni tower pertama sebanyak tiga lantai, tower kedua dan ketiga sebanyak dua lantai, dan tower keempat sebanyak tiga lantai.

Demikian juga dengan tower-tower Gedung Kemenko 4 di mana beberapa lantai akan dapat difungsionalkan yakni tower pertama sebanyak tiga lantai, tower kedua akan ada satu lantai, tower ketiga ada tiga lantai, dan tower keempat sebanyak tiga lantai.

"Ini semua akan kita fungsikan dengan jumlah lantai yang ada," kata Imam.

Dia juga menambahkan bahwa khusus tower Gedung Kemenko 1 dan Gedung Kemenko 3 akan digunakan sebagai lokasi holding bagi para tamu VIP Upacara HUT Kemerdekaan RI pada Agustus.

"Kenapa Kemenko 1 dan Kemenko 3? Karena yang paling dekat dengan istana," katanya.

Keempat gedung Kemenko di IKN tersebut dirancang sebagai sharing office. Adapun progres pembangunan untuk Gedung Kemenko 1 per 4 Juli mencapai 78,90 persen.

Kemudian progres pembangunan Gedung Kemenko 2 per 4 Juli mencapai 38,28 persen, pembangunan Gedung Kemenko 3 telah mencapai 85,88 persen, dan progres pembangunan Gedung Kemenko 4 per 4 Juli telah mencapai 88,22 persen.

Baca juga: Kementerian PUPR: Istana Negara IKN dapat fungsional pada akhir Juli
Baca juga: Erick: Pembangunan IKN untuk pertumbuhan ekonomi dan pemerataan

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Ahmad Wijaya
COPYRIGHT © ANTARA 2024