Jakarta (ANTARA) - Direktur utama (Dirut) Perumda Pasar Jaya, Agus Himawan Widiyanto mengatakan, pihaknya telah menyelesaikan desain untuk revitalisasi Blok G Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat.
 
"Iya nanti, kemarin sudah selesai, desain sudah jadi, perizinan juga dalam proses, InsyaAllah 
bisa kita mulai di tahun ini," kata Agus saat dikonfirmasi di Jakarta, Kamis.
 
Agus menyebutkan, pihaknya sudah melakukan beberapa kali rapat dengan Wali Kota Jakarta Pusat Dhany Sukma terkait revitalisasi ini.
 
Selain itu, Agus mengatakan, Blok G Pasar Tanah Abang ini dapat terkoneksi dengan salah satu transportasi umum kereta api, seperti KRL, MRT atau LRT.
 
"Karena itu terkoneksi dengan stasiun kereta juga, kita bikin ada skybride (jembatan) juga ke sana. Kita bangun pasar yang lebih modern, bersih," kata Agus.

Baca juga: DKI panggil Pasar Jaya bahas revitalisasi Pasar Tanah Abang
Baca juga: DKI revitalisasi Pasar Tanah Abang untuk tingkatkan jumlah pengunjung
 
Agus menjelaskan, pihaknya sudah mengatur terkait pengelolaan parkir di Pasar Tanah Abang dan melakukan kerja sama dengan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) setempat.

Selain Tanah Abang, nantinya ada sepuluh pasar yang akan menjadi projek untuk pasar percontohan.
 
Sebelumnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bersama Perumda Pasar Jaya membahas revitalisasi Pasar Tanah Abang menindaklanjuti sepinya pengunjung yang datang dan berbelanja di pasar grosir tersebut.
 
Revitalisasi tersebut bertujuan menghidupkan kembali Pasar Tanah Abang Blok G seperti halnya perbelanjaan Sarinah Thamrin untuk meningkatkan jumlah pengunjung.
 
Perumda Pasar Jaya selaku pengelola juga bisa menjadikan Pasar Tanah Abang sebagai kawasan pengembangan berorientasi transit (Transit Oriented Development/TOD) yang terintegrasi dengan simpul-simpul transportasi umum di DKI Jakarta.

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2024