Jakarta (ANTARA) -
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo menyebut 29 atlet yang berangkat mengikuti Olimpiade Paris 2024 merupakan hasil pembinaan yang sesuai dengan Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).
 
Dalam laman Kemenpora yang dipantau ANTARA di Jakarta, Kamis, ia membeberkan kontingen Indonesia yang terdiri dari atlet-atlet kebanggaan tanah air, telah dipersiapkan sejak 2022 melalui pelatihan nasional (pelatnas) yang berkesinambungan.

Persiapan itu merupakan implementasi dari Peraturan Presiden Nomor 86 tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

"Diharapkan dengan pembinaan yang berkelanjutan dapat menghasilkan prestasi yang optimal," kata dia.

Dito menaruh harapan besar untuk terwujudnya peningkatan prestasi olahraga tanah air dalam Olimpiade 2024 Paris yang berlangsung 26 Juli sampai 11 Agustus.

Lebih lanjut dia membeberkan, Olimpiade adalah puncak dari segala upaya dan kerja keras dalam dunia olahraga.

Sebelumnya, Indonesia juga telah mengikuti ajang multicabang lainnya, yaitu SEA Games dan Asian Games.

"SEA Games dan Asian Games yang telah Indonesia lalui menjadi batu loncatan menuju prestasi tertinggi di Olimpiade yang sudah di depan mata," ujar menteri termuda dalam Kabinet Indonesia Maju itu.

Ia bersyukur, dalam ajang tingkat Asia Tenggara dan Asia itu, Indonesia bisa meningkatkan prestasi olahraga nasional.

Baca juga: Menpora mengukuhkan kontingen Indonesia untuk Olimpiade Paris 2024

Oleh sebab itu, hal yang sama juga diharapkan terwujud dalam Olimpiade nanti.

Dito menambahkan, dirinya mengapresiasi usaha keras dan kerja sama yang berkesinambungan yang dilakukan oleh semua pihak terkait persiapan atlet menuju ajang olahraga multicabang paling bergengsi itu.

Mulai dari Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia, pelatih, dan juga seluruh federasi atau pengurus cabang olahraga terkait.

Kontingen Indonesia berangkat ke Paris pada 13 Juli, namun khusus untuk cabang olahraga renang, dua atletnya akan berangkat pada 22 Juli.

Jumlah total atlet yang berangkat nanti terbagi dari 12 cabang olahraga, seperti bulu tangkis, panjat tebing, akuatik, senam, judo, dan lainnya.

Total 29 atlet itu dari 16 atlet putra dan 13 atlet putri terbaik yang telah berjuang selama proses Kualifikasi Olimpiade. Sedangkan total keseluruhan anggota kontingen berjumlah 86 orang yang terdiri dari atlet, pelatih, dan ofisial masing-masing cabang olahraga.

Baca juga: Menpora sebut mentalitas jadi kunci atlet raih medali emas Olimpiade
Baca juga: Presiden minta atlet Indonesia kibarkan Merah Putih di Olimpiade Paris

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
COPYRIGHT © ANTARA 2024