Bandung (ANTARA) - Tim Muhibah Angklung asal Jawa Barat mengikuti Festival Internasional Cantanhede, Portugal, untuk memperkenalkan alat musik tradisional dari Indonesia dalam rangkaian misi budaya di tiga benua.

Duta Besar RI untuk Portugal Rudy Alfonso dalam keterangan yang diterima di Bandung Kamis, mengapresiasi Tim Muhibah Angklung Jawa Barat yang telah memainkan peran penting dalam memperkenalkan kekayaan budaya Indonesia melalui seni musik angklung.

"Saya mendukung dan bangga pada sekumpulan anak muda yang berasal dari berbagai latar belakang berbeda, ada yang masih SMA, ada yang sudah kuliah, namun bersatu untuk mendukung Indonesia,” kata Rudy.

Menurutnya, bukan sekedar menghibur, tetapi juga berhasil mengedukasi masyarakat Portugal tentang warisan budaya Indonesia melalui sebuah pagelaran angklung.

Dia mengungkapkan, penampilang Tim Muhibah Angklung Jawa Barat mendapat sambutan hangat dari para penonton yang berasal dari berbagai negara.

"Saya dengar masyarakat di sini sangat kagum dan terpesona dengan penampilan Tim Muhibah. Saya sangat berterima kasih karena telah menunjukkan kekayaan budaya Indonesia di mata masyarakat Portugal,” katanya.

Rudy juga memastikan pihaknya akan hadir untuk menyaksikan dan mendukung penampilan Tim Muhibah Angklung di puncak acara festival internasional tersebut pada 13 Juli mendatang.

"Angklung sangat dikagumi di dunia internasional, terutama oleh masyarakat Portugis. Angklung dapat meninggalkan kesan yang sangat mendalam berkat keunikannya. Semoga ini dapat menjadi penampilan terbaik dan selamat juga untuk teman-teman semuanya," katanya.

Sementara itu, Ketua Tim Muhibah Angklung Maulana M. Syuhada mengatakan, setelah Portugal sebagai destinasi pertama, Tim Muhibah Angklung akan melanjutkan perjalanan pada misi budaya kali ini ke beberapa negara lain.

“Kita akan melanjutkan ke beberapa negara seperti Spanyol, Uni Emirat Arab, Arab Saudi, dan berpartisipasi di Festival Internasional Murcia, serta mengadakan konser di berbagai tempat ikonik di Timur Tengah,” kata Maulana.

Selain pertunjukan angklung dan tarian, Tim Muhibah Angklung juga menunjukkan penampilan lainnya, seperti wayang dan workshop untuk anak-anak.

Berkat kecintaan masyarakat terhadap budaya Indonesia, Tim Muhibah Angklung berhasil menjadi satu-satunya tim dari berbagai negara yang diundang untuk tampil di TV Nasional Portugal, RTP Play dan video penampilan mereka dapat diakses di akun YouTube @angklungmuhibah.

Pewarta: Rubby Jovan Primananda
Editor: M. Tohamaksun
COPYRIGHT © ANTARA 2024