Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua Ikatan Isteri Pimpinan (IIP) Badan Usaha Milik Negara BUMN Irin Kartika mengatakan, salah satu produk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang dihadirkan dalam Pasar Digital (PaDi) UMKM Expo and Conference memiliki kualitas yang layak ekspor.
 
"Menurut saya untuk yang peralatan rumah, tangga yang dibuat dari kayu itu sih sebenarnya sudah kualitasnya baik," ujar Irin saat meninjau produk-produk UMKM di Jakarta, Kamis.
 
Jadi kalau memang kita bisa juga melakukan ekspor ke negara-negara lain, saya rasa bisa bersaing.
 
Ia juga menilai, produk-produk fesyen berbahan batik turut menarik perhatiannya, sebab memiliki model terbaru dengan bahan yang nyaman.
 
"Modelnya juga up to date kok, jadi bisa digunakan untuk ibu-ibu supaya tampil keren lah di acara-acara BUMN," ujarnya pula.
 
Ia berharap, produk-produk UMKM yang hadir dalam pameran yang berlangsung pada 11-14 Juli 2024 di Sarinah, Jakarta ini dapat meningkatkan kualitas dari sisi kemasan termasuk informasi bahan yang digunakan serta mencantumkan atau telah tersertifikasi BPOM.
 
Irin turut mengapresiasi salah satu produk UMKM yang mendukung gaya hidup sehat, salah satunya dalam bentuk inovasi potongan buah yang dikeringkan. Produk ini dinilainya mempermudah dalam menyajikan air infus buah (infused water).
 
Kementerian BUMN bersama PT Pertamina, PT Telkom Indonesia, PT Angkasa Pura II, PT Biofarma, PT Jasa Marga dan PT PP menyelenggarakan PaDi UMKM Hybrid Expo dan Conference 2024 untuk mempertemukan BUMN dengan UMKM guna saling berinteraksi dan berkolaborasi dalam rangka mendorong pengembangan UMKM, khususnya pemasaran produk UMKM sebagai upaya untuk meningkatkan perekonomian nasional.
 
Tahun ini, PaDi UMKM Expo turut menghadirkan konferensi untuk meningkatkan wawasan dan kapasitas UMKM binaan BUMN dalam menghadapi pasar global, serta menghadirkan business matching untuk mempertemukan pembeli grup dengan UMKM binaan BUMN serta yang diampu oleh organisasi mitra Kementerian BUMN.
 
Adapun kegiatan ini selain di Jakarta, turut diselenggarakan di Kota Balikpapan pada 18-21 Juli 2024 dengan total UMKM yang dihadirkan mencapai 540 UMKM.

Baca juga: Nilai transaksi Bazar UMKM Kementerian BUMN capai Rp28,3 miliar
Baca juga: Gelaran PaDI UMKM Expo targetkan cetak transaksi di atas Rp15 miliar

Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Ahmad Wijaya
COPYRIGHT © ANTARA 2024