Kota Gorontalo (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemrov) Gorontalo menyiapkan dapur umum untuk membantu korban banjir di wilayah Kota dan Kabupaten Gorontalo di Kantor Dinas Sosial Provinsi Gorontalo di Jalan Amir Piola Isa, Kota Gorontalo.

“Dapur umum ini menjadi penting dan mendesak di tengah kondisi tanggap darurat. Kami menyiapkan dapur umum di Dinas Sosial Provinsi Gorontalo mulai hari ini dan beberapa hari ke depan,” kata Penjabat Gubernur Gorontalo Rudy Salahuddin, Kamis.

Rudy menjelaskan, dapur umum bertugas untuk memenuhi kebutuhan makanan bagi pengungsi bencana banjir. Jumlah makanan yang akan disiapkan oleh dapur umum Pemprov Gorontalo sebanyak 2.500 paket untuk sekali masak. Setiap hari dapur umum akan memasak dua kali sehingga ada 5.000 paket untuk pengungsi banjir di Kota Gorontalo.

“Pendistribusiannya kami antar ke posko di kantor Wali Kota Gorontalo dengan harapan bisa dikoordinir dan didistribusi oleh Pemkot,” ujar Rudy.

Baca juga: Pemkot Gorontalo siapkan dapur umum untuk bantu warga terdampak banjir

Sementara untuk wilayah Kabupaten Gorontalo, dapur umum Pemprov Gorontalo akan melayani korban banjir di beberapa titik, di antaranya Kecamatan Telaga Jaya sebanyak 500 paket, Tilango 500 paket, Telaga Biru 100 paket, dan Kayubulan 750 paket. Pelayanan juga akan diberikan kepada warga yang datang langsung ke dapur umum.

Selain membentuk dapur umum untuk kebutuhan distribusi makanan kepada korban banjir di Kota dan Kabupaten Gorontalo, Pemprov Gorontalo juga telah membantu sejumlah dapur mandiri yang dikelola oleh warga. Sejauh ini sudah tiga dapur mandiri yang dibantu Pemprov Gorontalo yaitu di Lotu, Bolihuangga, dan Tabongo.

“Dapur mandiri ini dimasak oleh warga, kami yang menyediakan bahan bakunya,” pungkas Rudy.

Baca juga: Banjir Kota Gorontalo meluas, genangi enam kecamatan
Baca juga: BNPB: Dibutuhkan pemulihan listrik atasi dampak banjir di Gorontalo

Pewarta: Adiwinata Solihin
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2024