Lampung Utara (ANTARA) - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo meresmikan 16 ruas jalan Inpres Jalan Daerah (IJD) yang telah terbangun di Provinsi Lampung.
 
"Hari ini kita meresmikan 16 ruas jalan Inpres Jalan Daerah yang ada di seluruh Provinsi Lampung," ujar Presiden Jokowi saat meresmikan ruas jalan Keramat Teluk-Sri Widodo, di Kabupaten Lampung Utara, Lampung, Kamis.
 
Jokowi mengatakan 16 ruas IJD tersebut ada di 11 kabupaten di Provinsi Lampung.
 
"Panjang ruas jalan yang diresmikan hari ini di 11 kabupaten di Provinsi Lampung sepanjang 102 kilometer. Termasuk jalan yang sekarang ini kita berada di Desa Jagang, Kecamatan Blambangan Pagar, Kabupaten Lampung Utara," katanya.
Baca juga: Presiden sebut kualitas jalan Inpres Jalan Daerah Lampung tahan lama
 
Presiden menjelaskan pembiayaan yang dikeluarkan pemerintah untuk memperbaiki 16 ruas jalan di Provinsi Lampung tersebut bernilai Rp806,2 miliar.
 
"Kita tahu ini merupakan jalan produksi dan akan mempercepat pengangkutan mobilitas barang ataupun orang lewat sini. Meski tadi di sepanjang jalan masih ada satu sampai dua lubang, tapi sudah mulus. Yang lubang sedikit ini akan diperbaiki sekarang juga dan sore ini saya resmikan Inpres Jalan Daerah," ujar Jokowi pula.
 
Adanya perbaikan ruas jalan tersebut mendapat respons positif dari salah seorang warga setempat, Wahyu.
 
"Senang jalannya sudah mulus, jadi saat mengangkut rumput untuk ternak dari kebun tidak sulit aksesnya," kata Wahyu.
 
Ia melanjutkan dengan adanya kemudahan akses infrastruktur jalan tersebut bisa meningkatkan produktivitas pertanian di desanya.
 
"Kalau jalan bagus yang pasti akan lebih cepat juga untuk mengirimkan berbagai hasil produksi pertanian dari desa keluar," katanya lagi.
 
Ruas jalan yang hari ini diresmikan langsung oleh Presiden Jokowi, tepatnya ruas jalan Keramat Teluk-Sri Widodo di Kabupaten Lampung Utara memiliki panjang 6 kilometer. Biaya yang dikeluarkan untuk perbaikan infrastruktur jalan tersebut melalui dana IJD sebesar Rp36,2 miliar.

Sebelum melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Lampung Utara, Presiden Jokowi telah mengunjungi Kabupaten Lampung Selatan.
Baca juga: Presiden: Pengerjaan konstruksi jalan di Lampung sudah 60 persen
Baca juga: Jokowi minta Menteri PUPR tangani jalan rusak di Lampung Selatan

Pewarta: Ruth Intan Sozometa Kanafi
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2024