Jakarta (ANTARA) - PT Pelita Air menggandeng BMW Indonesia menyiapkan hadiah utama satu unit mobil BMW bagi pelanggan yang rutin menggunakan maskapai penerbangan anak perusahaan Pertamina Grup tersebut.

Direktur Niaga PT Pelita Air Service Asa Perkasa di Jakarta, Kamis mengatakan hadiah tersebut disiapkan melalui Program "High Spender Pelita Air", yaitu penghargaan kepada penumpang sebagai apresiasi atas loyalitas serta mendorong keterlibatan pelanggan.

"Program High Spender kita buat karena kita ingin ada semacam reward kepada pelanggan setia kita. Khususnya orang yang sering membeli di Pelita dalam hal ini lewat web ataupun mobile kita, itu bisa dihitung berapa banyak spendernya, nanti yang terbesar belanjanya itu yang dapat hadiah langsung dengan hadiah utama adalah BMW," kata Asa di sela peluncuran High Spender Pelita Air.

Asa menyampaikan bahwa program tersebut berlangsung dari Juli hingga Desember 2024. Hadiah utama mobil akan diberikan kepada pelanggan yang rutin membeli tiket dan barang tambahan seperti pemilihan kursi dan bagasi prabayar.

Dia mengatakan bahwa sistem pemberian hadiah bukan dilakukan secara diundi, tetapi akan dilihat siapa pelanggan dengan jumlah pembelian terbanyak di maskapai penerbangan tersebut. Pemenang hadiah akan diserahkan pada Januari 2025 tepat pada peringatan HUT ke-55 Pelita Air.

"Ini tadi transaksinya hanya bisa dilakukan di mobile App (Pelita Air) kita. Jadi, nanti tentunya harus register dulu. Sifatnya transparan, peserta nanti bisa lihat tiap bulan itu siapa yang sudah tertinggi, apakah kita sudah menjadi pembeli dengan nilai terbanyak atau tidak. Jadi kita tidak rekayasa, kita transparan, nanti bisa dilihat di mobile App atau di website kita," ujarnya.

Ia mengatakan bahwa program tersebut merupakan kali pertama yang diselenggarakan untuk meningkatkan atau akuisisi dari loyalitas pelanggan hingga aktivasinya.

Asa menyebutkan bahwa dalam periode Januari-Juni 2024, total pengguna maskapai tersebut tercatat 1,5 juta orang. Namun, yang terdaftar atau menggunakan App Pelita Air hanya baru mencapai 5 persen. Hal itu, menurutnya menjadi potensi bagi pelanggan untuk bisa mendapatkan hadiah satu unit mobil.

Selain satu unit hadiah mobil BMW 218i, pelanggan Pelita Air juga berkesempatan mendapatkan satu unit motor Vespa LX125 I-GET hingga travel voucher senilai Rp15 juta.

Asa menambahkan, semua pelanggan bisa mengikuti program tersebut namun tidak bagi karyawan Pelita Air. Namun, pelanggan yang berminat harus melakukan registrasi terlebih dahulu di mobil App atau website Pelita Air. Seusai mendaftar, maka semua transaksinya akan tercatat, baik membeli tiket maupun transaksi lainnya.

"Jadi beli tiket, seat (kursi), pilih seat atau nambah bagasi itu juga akan dihitung sebagai belanja. Kita tidak akan melakukan undian, jadi kita mau gede-gedean belanja aja. Belanja sebanyak mungkin itu akan tercatat, dan nanti kita akan punya dasboardnya untuk kasih lihat bulan ini siapa yang paling tinggi," kata Asa.
 

Direktur Niaga PT Pelita Air Service Asa Perkasa (tengah), CMO PT BMW Group Indonesia Bayu Riyanto (kanan), Head of Product & IT PT Dua Surya Dinamika Hanesh Nadwani (kiri), pada peluncuran peluncuran High Spender Pelita Air di Jakarta, Kamis (11/7/2024). ANTARA/Harianto

Sementara itu, CMO PT BMW Group Indonesia Bayu Riyanto menambahkan bahwa hadiah mobil yang bakal diberikan kepada pemenang program "High Spender Pelita Air" adalah BMW 2 Series Gran Coupe 218i. Mobil tersebut merupakan kendaraan yang cocok untuk keluarga berbentuk sedan.

Dia menilai bahwa dengan adanya kerja sama dengan Pelita Air, maka ia optimistis bisa mendapatkan pelanggan baru untuk penjualan mobil Eropa tersebut.

"Tugas utama saya adalah mencari peluang customer baru untuk BMW baik sekarang maupun masa yang akan datang. Dan kami melihat bahwa kerja sama dengan Pelita ini memunculkan potensi tersebut di mana kami bisa meng-capture, mengambil market yang ada di Pelita," kata Bayu.

Bayu menuturkan bahwa kerja sama dengan Pelita Air merupakan kali pertama. Kerja sama itu setelah dilakukan kurasi dengan berbagai macam airlines lainnya, namun pihaknya memutuskan bahwa Pelita Air dianggap yang tepat.

Bayu optimistis dengan adanya kerja sama dengan Pelita Air dapat meningkatkan penjualan maupun pembeli baru dari mobil BMW utamanya bagi kaum milenial.

"Kami berharap juga ada banyak orang yang belum punya BMW dan mereka tahu bahwa BMW itu sekarang ini sangat comfortable untuk dibeli," kata Bayu.

Baca juga: ITDC dan Pelita Air bersinergi dalam penyediaan tiket korporasi
Baca juga: Pelita Air siap datangkan tiga pesawat dukung rute baru tahun ini
Baca juga: Pengemudi bisa lepas setir & nonton film dengan kemudi otonom BMW baru

 

Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Biqwanto Situmorang
COPYRIGHT © ANTARA 2024