Banda Aceh (ANTARA) - DPW Partai NasDem Aceh mengusung Surya Paloh kembali memimpin DPP NasDem periode 2024-2029 dalam kongres ke-III yang berlangsung pada 25-27 Agustus 2024 di Jakarta.

"DPW dan DPD NasDem seluruh Aceh bertekad untuk mengusung kembali Surya Paloh sebagai Ketum," kata Ketua DPW Partai Nasdem Aceh, Irsan Sosiawan, di Banda Aceh, Kamis.

Sesuai AD/ART NasDem, jabatan ketua umum akan dipilih atau ditunjuk oleh Majelis Tinggi Partai Nasdem dengan mempertimbangkan usulan dari DPW dan DPD seluruh Indonesia sebagai peserta kongres.

Irsan mengatakan, keinginan ini merupakan aspirasi politik dari seluruh kader dan simpatisan yang disampaikan melalui DPD di 23 kabupaten/kota se-Aceh, dan telah disepakati dalam rapat konsolidasi beberapa waktu lalu.

"Terkait posisi Ketum Partai Nasdem yang akan ditetapkan dalam Kongres III mendatang, Aceh bertekad satu suara untuk mengusung kembali Pak Surya Paloh," ujarnya.

Irsan menyampaikan, tekad untuk mencalonkan kembali Surya Paloh ini bercermin dari track record kepemimpinannya selama ini yang cukup baik.

Secara rasional dan objektif harus diakui bahwa selama kepemimpinan Surya Paloh, perolehan kursi NasDem terus meningkat setiap Pemilu.

Seperti di Aceh, meningkat signifikan dalam Pemilu 14 Februari 2024 lalu, baik untuk kursi DPR RI dari sebelumnya kosong meriah dua kursi, begitu juga DPR Aceh hingga mendapatkan posisi pimpinan dengan 10 kursi.

"Ini sungguh lompatan dan pencapaian yang luar biasa. Bagi kami ini sudah cukup sebagai evidence bahwa kader masih membutuhkan leadership Surya Paloh untuk terus memajukan NasDem lima tahun ke depan," katanya.

Selain itu, lanjut Irsan, alasan NasDem Aceh mengusung Surya Paloh karena yang bersangkutan merupakan putra asli kelahiran tanah rencong.

"Pak Surya Paloh merupakan putra Aceh, dan juga banyak tokoh Aceh yang menyampaikan dukungan agar pak Surya tetap eksis dalam panggung politik nasional," ujarnya.

Adanya pengaruh dan eksistensi Surya Paloh di nasional diharapkan bisa memberikan berkontribusi maksimal untuk kemajuan pembangunan Aceh di masa depan.

"Apalagi, saat ini pak Surya merupakan tokoh Aceh yang paling berpengaruh di level nasional. Tentu akan menjadi kebanggaan tersendiri bagi rakyat Aceh jika beliau tetap menjabat sebagai Ketua Umum Partai," demikian Irsan Sosiawan.
Baca juga: Kongres III Nasdem bahas sejumlah isu penting
Baca juga: NasDem beri rekomendasi 6 calon kepala daerah di Sumatera dan Papua

Pewarta: Rahmat Fajri
Editor: Guido Merung
COPYRIGHT © ANTARA 2024