Surabaya (ANTARA) - Pemain tim nasional Indonesia U-19 Jens Raven menganggap calon lawannya di Grup A ASEAN U-19 Boys Championship atau Piala AFF U-19 2024 sama-sama memiliki kualitas yang baik bahkan bisa dibilang persaingannya ketat.
 
"Sejujurnya saya tidak banyak tahu soal kualitas lawan. Tapi menurut saya, kami ada di grup yang ketat. Filipina adalah lawan yang sulit, tapi yang penting harus berikan kemampuan terbaik pada setiap laga," ucap pesepak bola yang saat ini bermain untuk klub asal Belanda Dordrecht U21 itu di sela latihan tim di Lapangan Thor Surabaya, Kamis (11/7) malam.
 
Pemain yang berposisi sebagai penyerang itu juga menilai tidak butuh waktu lama untuk beradaptasi dengan tim karena sudah bersama-sama sejak mengikuti Toulon Cup 2024 di Prancis.
 
"Kami sudah bersama sejak di Toulon Cup, di mana saya sudah bisa bermain. Saya pikir itu adalah pengalaman yang bagus untuk kami," katanya.
 
Persiapan tim menjelang laga Piala AFF ini, kata Raven, sudah berjalan baik termasuk dalam komunikasi dan interaksi antarpemain atau dengan tim pelatih.
 
"Saya punya hubungan yang baik dengan tim pelatih, begitu juga dengan para asisten, dan ofisial tim lain. Saya juga melakukan interaksi dengan semua pemain di tim. Jadi adaptasi saya sudah sangat bagus," ujar pemain kelahiran 12 Oktober 2005 itu.
 
Oleh karena itu, dengan segala persiapan yang telah diberikan oleh tim, dirinya berharap segera menjalani laga Piala AFF U-19 dan berusaha tampil sebaik mungkin.
 
"Persiapan kami sejauh ini semuanya oke. Hotel bagus, bus, dan lapangan latihan juga bagus. Kami tak sabar segera memainkan laga pertama," ucap Raven.
 
Baca juga: Indra Sjafri pilih 23 pemain untuk Piala AFF dalam empat hari ke depan

Sementara itu, pelatih timnas Indonesia U-19 Indra Sjafri menyebut Jens Raven masih perlu beradaptasi dengan kondisi cuaca di Indonesia khususnya Surabaya.
 
Namun, lanjutnya, untuk adaptasi dengan tim sudah berjalan baik karena sudah bergabung sejak Toulon Cup 2024.
 
"Masih adaptasi, kalau untuk dengan pemain lain, untuk sosialisasi, adaptasi dengan teman-temannya sudah sangat baik karena dia juga sudah bergabung di Taulon kemarin," tuturnya.
 
Oleh karena itu, dirinya berharap para pemain bisa bermain maksimal dalam setiap laga Piala AFF yang akan di gelar di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) dan Stadion Gelora 10 November (G10N) Surabaya.
 
"Bagaimana kami dapat menyelesaikan tiga pertandingan (penyisihan) ini dengan baik. Tapi yang paling penting tentu bagaimana strategi kami dalam berturnamen itu benar-benar tepat dan akhirnya bisa mencapai yang terbaik," ujar pelatih yang memiliki lisensi UEFA Pro itu.

Baca juga: Timnas U-19 lanjutkan TC di Surabaya untuk persiapan Piala AFF
Baca juga: Jadwal lengkap timnas Indonesia U-19 di babak grup Piala AFF U-19 2024

Pewarta: Indra Setiawan/Naufal
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
COPYRIGHT © ANTARA 2024