Jakarta (ANTARA) - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) berupaya mengoptimalkan peran usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) melalui penyelenggaraan Pasar Digital (PaDi) UMKM Hybrid Expo & Conference 2024 guna membangun ekosistem yang saling berkelanjutan.

Sekretaris Kementerian BUMN Rabin Indrajad Hattari mengatakan, UMKM memiliki peran yang signifikan dalam pertumbuhan perekonomian Indonesia. Oleh karenanya, penyelenggaraan PaDi UMKM Expo dapat membantu pengusaha lokal untuk lebih berkembang.

"Kementerian BUMN mengapresiasi inisiatif pengembangan PaDi UMKM yang telah dilakukan selama 4 tahun ini. Semoga peran PaDi UMKM akan semakin inklusif dan lebih membantu UMKM agar lebih melonjak ke depannya," ujar Rabin di Jakarta, Kamis.

Nilai produk dalam negeri BUMN pada 2023 meningkat sampai dengan Rp917,2 triliun atau meningkat 67 persen dibanding tahun sebelumnya. Selain itu, nilai belanja BUMN pada UMKM meningkat pesat mencapai 57 persen.

Sementara itu, Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN Loto Srinaita Ginting mengatakan, PaDi UMKM Expo tahun 2024 berbeda dengan sebelumnya.

Baca juga: Kementerian BUMN menargetkan transaksi PaDi UMKM Expo 2024 Rp20 miliar

Baca juga: Erick sebut BUMN benteng ekonomi usai DPR setujui PMN Rp44,24 triliun


Pada tahun 2024 ini PaDi UMKM Expo dilengkapi juga dengan konferensi untuk membahas topik-topik aktual yang terkait pengembangan UMKM serta Business Matching guna mempertemukan Buyer Group dari BUMN dengan para pelaku UMKM.

Selain itu, langkah ini juga diharapkan dapat membantu UMKM memperluas jaringannya sebagai bagian dari upaya untuk mendukung UMKM go digital dan go global

"Hal ini dilakukan dengan tujuan agar PaDi UMKM Expo tidak hanya dapat mendukung pemasaran produk-produk UMKM, tetapi juga meningkatkan wawasan dan kapabilitas para pelaku UMKM," kata Loto.

Kegiatan ini didukung enam perusahaan BUMN Group, yaitu Pertamina, Telkom Indonesia, Angkasa Pura II, PT Pembangunan Perumahan, Jasa Marga, dan Biofarma.

Menghadirkan lebih dari 500 UMKM yang merupakan binaan BUMN serta organisasi/lembaga mitra Kementerian BUMN, diantaranya Nahdlatul Ulama, Muhammadiyah, Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas), HIPMI, IWAPI, Jakpreneur, Bank Indonesia, Kemkominfo, KemenKUKM, dan Yayasan Dharma Bhakti Astra.

PaDi UMKM Hybrid Expo & Conference 2024 berlangsung di dua tempat yaitu Gedung Sarinah, Jakarta dari tanggal 11 - 14 Juli 2024 serta e-Walk Plaza, Balikpapan dari tanggal 18 - 21 Juli 2024. Sementara, secara daring dapat diakses di aplikasi PaDi UMKM atau website www.padiumkm.id, yang diselenggarakan dari tanggal 11 Juli - 10 Agustus 2024.

Pewarta: Maria Cicilia Galuh Prayudhia
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2024