Jakarta (ANTARA) - PP Perbasi membentuk Tim Nasional 3x3 Putra dan Putri untuk menghadapi FIBA 3x3 U-23 Nations League 2024, yang saat ini sedang menjalani training camp (TC) di dua lokasi berbeda.

“Kedua tim ini menjalani TC sejak 9 Juli 2024 hingga waktu pemberangkatan,” kata Sekjen PP Perbasi Nirmala Dewi dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat.

Timnas 3x3 U-23 Putra menjalani TC di GOR CLS Kertajaya, Surabaya, sementara Timnas 3x3 U-23 Putri berlatih di Seven Ten 3x3 Court Basketball, Yogyakarta.

Pemain yang dipanggil untuk Timnas 3x3 U-23 Putra adalah Serigne Modou Kane, Albert Richard dari klub BBM CLS Knights Surabaya, Ryan Anthony Gunawan dari klub Flying Wheels Makassar, serta Hendra Suharto dan Johanson Ronald Simbolong dari klub BBM CLS Knights Surabaya. Tim ini dilatih oleh Barikh Bill Kautsar dan dikelola oleh Manajer Aulia Naafigo Setiawan.

Sementara itu, empat pemain yang dipanggil untuk Timnas 3x3 U-23 Putri adalah Aimee Tampi Francienne dari klub Surabaya Fever, Angelica Jennifer Chandra dari klub Spartan Jogjakarta, Lidwina Ruth Riratri Dwi Saputri, juga dari klub Spartan Jogjakarta, serta Sabrina Ayu Sandewang dari klub Rajawali Makassar. Tim ini akan berkompetisi di Kuala Lumpur di bawah asuhan pelatih Nur Mutaqin dan manajer Andreas Candra Wibowo.

“Kami berharap tim dipersiapkan sebaik mungkin sehingga bisa memberikan hasil maksimal di Kuala Lumpur nanti,” ujar Nirmala.

Baca juga: Basket putri 3x3 Indonesia cetak sejarah juara pertama kali AUG 2024

Manajer Timnas 3x3 Putra, Aulia Naafigo Setiawan, menyatakan bahwa semua pemain yang dipanggil telah mengikuti latihan sejak hari pertama. Selama persiapan, Timnas akan menjalani minimal dua kali uji coba.

“Pada pekan pertama, latihan fokus dengan membangun chemistry sesama pemain dan melatih ritme cara bermain 3x3. Kami akan melihat progres pemain di uji coba,” jelas Aulia.

Menurut Aulia, dua tim yang telah dipersiapkan untuk pertandingan uji coba adalah tim PON Jatim 3x3 dan tim BBM CLS. “Pada akhirnya nanti akan dipilih empat nama untuk dibawa ke Malaysia. Rencananya akan kita umumkan akhir pekan ini,” lanjutnya.

Wakil Ketua Umum PP Perbasi Bidang 3x3 dan Mini Basketball, Jamin, menjelaskan bahwa ini adalah kali kedua Perbasi mengirim tim untuk bersaing di FIBA 3x3 U-23 Nations League. Sebelumnya, PERBASI mengirim tim pada ajang serupa pada 2018 di Mongolia.

“Dengan mengirimkan tim ini, tujuannya adalah sebagai ajang kualifikasi untuk menuju FIBA 3x3 U-23 World Cup Mongolia 2024,” ungkap Jamin.

Pada tahun ini, Timnas 3x3 Indonesia berada di Grup Asia 1 bersaing dengan Malaysia, Qatar, Singapura, Selandia Baru, dan Saudi Arabia. “Tahapannya, pemenang setiap conference akan lolos ke FIBA 3x3 World Cup. Kita berada di Conference Asia,” jelas Jamin.

Jamin menegaskan bahwa aktif mengirim atlet bersaing di luar negeri adalah bagian dari upaya Perbasi dalam menatap persaingan ke depan yang bakal lebih ketat. Dengan memperbanyak jam terbang, para pemain diharapkan bisa bersaing menuju ajang yang lebih bergengsi.

“Ini adalah langkah awal dalam menyiapkan Tim 3x3 Indonesia. Mereka akan terus diikutkan dalam turnamen-turnamen internasional setiap tahunnya dengan target, nantinya bisa bersaing di Olimpiade 2028,” ujarnya.

Baca juga: Perbasi apresiasi penyelenggaraan turnamen basket 3x3 di luar Jawa

Baca juga: Dirut IBL: Kami belum ada rencana buat liga bola basket 3X3

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2024