Kunming (ANTARA) - Pada Kamis, satu kloter 108 ton durian dari Thailand yang diangkut melalui Jalur Kereta China-Laos diturunkan di pelabuhan logistik internasional Hongyun Kunming, sehingga menembus angka total 100.000 ton. Hanya dibutuhkan waktu 29 jam bagi durian-durian ini untuk mencapai area bongkar-muat di Kunming, ibu kota Provinsi Yunnan, China barat daya, dari stasiun kereta selatan Vientiane, kata China Railway Kunming Bureau Group Co., Ltd.

Berkat langkah bea cukai yang disederhanakan, buah-buahan tropis dari Asia Selatan dan Asia Tenggara terus dikirim ke China via jalur kereta ini. Saat ini, waktu pengurusan bea cukai lintas perbatasan melalui jalur kereta ini telah dipangkas menjadi tidak lebih dari lima jam, sehingga memudahkan pengangkutan buah-buahan dan sayur-sayuran, bunga, dan barang-barang lain yang memerlukan transit cepat, kata perusahaan tersebut.

Jalur Kereta China-Laos, sebuah proyek penting dari kerja sama Sabuk dan Jalur Sutra berkualitas tinggi, mulai beroperasi pada Desember 2021. Jalur kereta sepanjang 1.035 km ini menghubungkan Kunming di China dengan Vientiane di Laos. 

Pewarta: Xinhua
Editor: Atman Ahdiat
COPYRIGHT © ANTARA 2024