Lampung Barat (ANTARA) - Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo meminta pemerintah daerah (pemda) untuk turut serta menyiapkan ruangan bagi bantuan alat kesehatan yang akan diberikan ke rumah sakit daerah.
 
"Yang paling penting dari semua rumah sakit yang saya kunjungi di Provinsi Lampung siapkan dulu ruangannya. Ruangan itu harus siap dan pemerintah daerahlah yang harus menyiapkan itu," kata Jokowi di Lampung Barat, Jumat.
 
Ia mengatakan dengan tersedianya ruangan untuk menaruh alat kesehatan bantuan dari pemerintah pusat kepada rumah sakit daerah, dapat memudahkan penerapan pelayanan kesehatan melalui pengoperasian alat kesehatan tersebut.
 
"Untuk alatnya seperti CT scan, cath lab, mammogram, x-ray yang modern ini kami siapkan dahulu. Nanti alatnya akan dikirim dari Kementerian Kesehatan yang dilakukan tahun ini sebagian, kemudian dilanjutkan tahun depan sebagian," ucap dia.
 
Dia pun menekankan pentingnya penyediaan fasilitas medis canggih seperti CT scan di berbagai rumah sakit daerah.
 
"Alat kesehatan ini semua untuk kabupaten dan kota, kalau magnetic resonance imaging (MRI) untuk rumah sakit di provinsi. Dan tadi saya lihat untuk disini baru disiapkan," tambahnya.
   
Diketahui Presiden Jokowi telah melakukan kunjungan ke rumah sakit daerah di Kabupaten Lampung Selatan, Lampung Barat dan Tanggamus. Hal tersebut menjadi bagian dari agenda kerja Presiden dalam rangka memastikan peningkatan pelayanan kesehatan di daerah.
 
Di Kabupaten Lampung Barat Presiden Jokowi menyempatkan hadir di RSUD Alimuddin Umar yang merupakan satu-satunya rumah sakit daerah di Kabupaten Lampung Barat.
 
RSUD itu telah melayani banyak pasien peserta BPJS yang persentasenya mencapai 80 persen dari total pasien. Dan rumah sakit itu sangat membutuhkan alat CT scan untuk mempercepat diagnosa penyakit yang lebih komplek.
 

Pewarta: Ruth Intan Sozometa Kanafi
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2024