Jakarta (ANTARA) - Posko Relawan Pemadam Kebakaran (Redkar) di Jalan Kemayoran Gempol RT 13/RW 04 Kelurahan Kebon Kosong, Kecamatan Kemayoran, resmi beroperasi untuk mengantisipasi dan menanggulangi apabila terjadi kebakaran di lokasi tersebut.
 
"Sehari-hari di posko itu terdapat sebanyak 30 relawan yang bersiaga. Mereka akan diatur piketnya secara bergantian," kata Kepala
Sektor Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Kecamatan Kemayoran Aminudin di Jakarta, Jumat.

Pengoptimalan Posko Redkar Kelurahan Kebon Kosong itu menindaklanjuti Instruksi Kepala Dinas Gulkarmat DKI Jakarta Satriadi Gunawan dan Kepala Suku Dinas Gulkarmat Jakarta Pusat Asril Rizal.
 
"Kami tidak berharap ada kejadian bencana, tapi kalau sampai terjadi, relawan ini akan menjadi garda terdepan," kata Aminudin.

Baca juga: Petugas kerahkan 32 unit padamkan kebakaran padat hunian Kebon Kosong
 
Camat Kemayoran Asep Mulyaman mengatakan, peresmian posko dihadiri oleh Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma. Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti.
 
"Sebuah kehormatan posko pertama di Jakarta Pusat yang diresmikan dan peresmiannya dihadiri langsung oleh Pak Wali Kota," kata Asep.
 
Selain sebagai tempat relawan bersiaga, posko dengan luas sekitar 16 meter persegi (m2) ini diharapkan menjadi pusat edukasi warga siaga bahaya kebakaran.

Selain itu, posko ini terletak di tengah permukiman padat sehingga dapat menjadi keuntungan dalam mendekatkan diri dengan masyarakat.

Baca juga: Pemukiman di Kebon Kosong Jakpus dilalap api
 
Menurut Asep, selama ini Gulkarmat telah berperan aktif menangani dan melayani berbagai persoalan kebencanaan serta kebutuhan penyelamatan di masyarakat.
 
Tidak hanya yang sifatnya kegawatdaruratan, masyarakat yang membutuhkan pertolongan juga dapat menghubungi petugas Gulkarmat.
 
"Seperti terjepit cincin atau evakuasi hewan peliharaan mereka hubungi Gulkarmat. Kami berharap dengan adanya posko ini semakin meningkatkan respon layanan," ujar Asep.

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2024