Jakarta (ANTARA) - Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) resmi mengumumkan undian grup untuk empat nomor yang akan dipertandingkan di Olimpiade Paris 2024, Jumat.

Pada siaran langsung yang disiarkan di akun media sosial resmi BWF, wakil Indonesia satu-satunya di nomor ganda campuran yakni Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari tergabung dalam Grup A.

Grup A ini dihuni oleh unggulan pertama asal China Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong, pasangan Korea Selatan Kim Won Ho/Jeong Na Eun, dan wakil tuan rumah Thom Gicquel/Delphine Delrue.

Beralih ke sektor ganda putri, wakil Indonesia satu-satunya pada nomor ini yaitu Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti juga berada di Grup A bersama unggulan pertama asal China Chen Qing Chen/Jia Yi Fan.

Lebih lanjut, Grup A ganda putri ini turut dihuni oleh pasangan Jepang Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara dan wakil Malaysia Pearly Tan/Thinaah Muralitharan.

Selanjutnya pada nomor tunggal putri, pemain andalan Indonesia sekaligus unggulan ketujuh Gregoria Mariska Tunjung berada di Grup G beraama dengan tunggal putri Ukraina Polina Buhrova dan wakil Ceko Tereza Svabikova.

Selanjutnya pada nomor tunggal putra, unggulan ketiga Jonatan Christie masuk di Grup L bersama dengan Lakshya Sen (India), Kevin Cordon (Guatemala), dan Julien Carraggi (Belgia).

Sementara unggulan kesembilan Anthony Sinisuka Ginting menghuni Grup H bersama Toma Junior Popov (Prancis) dan Howard Shu (Amerika Serikat).


Baca juga: Ricky soroti kesiapan atlet untuk hadapi siapa pun lawan di Paris

Di sisi lain, undian babak grup bulu tangkis Olimpiade Paris 2024 untuk sektor ganda putra ditunda menyusul hasil sidang Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS) yang mengabulkan permohononan tuan rumah untuk mengizinkan dua wakilnya berlaga di nomor tersebut.

Sebelumnya, CAS memberikan rekomendasi agar Ronan Labar/Lucas Corvee mendapat pengecualian dan bisa ikut di Olimpiade Paris 2024.

Hal itu membuat nomor ganda putra diikuti oleh 17 pasangan, dan Prancis diwakili juga oleh Christo Popov/Toma Junior Popov, terlepas dari keduanya yang berada di luar peringkat 30 besar.

Untuk sektor ganda putra, Indonesia diwakili oleh satu pasangan yakni Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Baca juga: PBSI: Bulu tangkis Indonesia bertekad jaga tradisi medali Olimpiade

Baca juga: Jonatan, Apri fokus jaga kondisi dan aura positif jelang Olimpiade


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2024