Batam (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI Airlangga Hartarto menyebutkan koperasi yang bertahan adalah koperasi yang menguasai pangsa pasar.

Hal tersebut disampaikan Airlangga saat menghadiri Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke-77 yang dilaksanakan di Kota Batam, Kepulauan Riau, Jumat.

"Kuncinya tetap, koperasi yang survive adalah koperasi yang menguasai pasar atau market share. Jadi jangan dilupakan daya saing. Koperasi selalu memiliki daya saing tinggi, saya yakin apapun jenis usahanya dan apapun komposisinya,” ujar Airlangga dalam sambutannya.

Ia menyampaikan koperasi juga harus terlibat dalam perkembangan digitalisasi, guna meningkatkan serta mendorong daya tahan ekonomi Indonesia.

Baca juga: Teten maknai Harkopnas dengan perbaikan ekosistem koperasi

Menurut dia, dengan memperingati Harkopnas ke-77 diharapkan seluruh koperasi yang ada di Indonesia dapat menjadi salah satu tumpuan dalam kebangkitan ekonomi berbasis kemasyarakatan.

"Ini acara baik dan menujukan koperasi yang sudah 77 tahun dan saya minta agar koperasi juga melibatkan teknologi baru yaitu digitalisasi sehingga koperasi memiliki daya tahan ekonomi masa depan," ujar dia.

Sebelumnya Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan bahwa koperasi selama ini telah menjadi bagian dari ekosistem usaha rakyat agar dapat bertumbuh dari usaha kecil ke menengah dan terhubung ke dalam rantai pasok industri nasional.

Ini disampaikan Teten memperingati Hari Koperasi ke-77 dengan tema “Koperasi Sebagai Ekosistem untuk Konsolidasi, Akselerasi dan Eskalasi Ekonomi Mikro dan Kecil” yang diperingati pada 12 Juli.

Teten, dalam pernyataan tertulisnya, Jumat, mengatakan koperasi telah menjadi solusi pembiayaan mikro yang paling banyak diakses oleh rumah tangga di Indonesia sebesar 4,25 persen setelah bank umum selain kredit usaha rakyat KUR (4,95 persen)

Baca juga: Menperin: koperasi pilar kekuatan ekonomi di era digital).

"Bahkan, di sektor pertanian dan perdesaan, koperasi telah menjadi lembaga keuangan utama dalam pemenuhan pembiayaan usaha," kata dia.

Pewarta: Jessica Allifia Jaya Hidayat
Editor: Adi Lazuardi
COPYRIGHT © ANTARA 2024