Jakarta (ANTARA) - Verifikasi data penerima Kartu Jakarta Pintar (KJP) Plus tahap 1 gelombang dua sudah rampung dan bantuan sosial untuk pendidikan tersebut mulai cair pada Jumat sore.

“KJP sore ini sudah bisa dicek dan cair," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Budi Awaludin saat dijumpai di Balai Kota Jakarta.

Dia memohon maaf atas keterlambatan pencairan dana KJP Plus. Hal itu karena Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi DKI Jakarta berkomitmen untuk terus memastikan kucuran dana bantuan sosial pada sektor pendidikan tepat sasaran.

Budi memaparkan, total penerima dana KJP Plus tahap 1 sebanyak 533.649 siswa dan siswi. Pemberian dana pada tahap 1 ini akan diberikan dua gelombang.

Gelombang pertama terdistribusi 460.143 penerima, sedangkan gelombang kedua sebanyak 73.506 penerima. Seluruh penerima KJP Plus tahap 1 merupakan peserta didik dari golongan kurang mampu yang sudah terverifikasi.

Baca juga: KJP Plus masih tahap verifikasi akhir
Baca juga: Polisi usul hapus KJP Plus siswa yang terlibat tawuran


Budi menjelaskan program ini bersifat dinamis dan menyesuaikan dengan kondisi perekonomian masyarakat. "Sehingga jumlah penerima dapat bergerak secara fluktuatif, melihat pendapatan ekonomi penerima yang akan terus diperbarui secara berkala," katanya.

Selain itu, sejumlah hal yang berkaitan dengan status ekonomi penerima akan selalu dievaluasi dan diverifikasi di lapangan dengan melibatkan tim gabungan yang terdiri dari berbagai pihak terkait.

Pihaknya melibatkan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil), Dinas Pemberdayaan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (PPAPP), Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) serta Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi DKI Jakarta.

Dia berharap dana bantuan sosial (bansos) KJP Plus dapat meningkatkan kualitas SDM, khususnya warga Jakarta. Dengan SDM unggul, maka harkat martabat bangsa bisa terangkat untuk menuju Indonesia Emas 2045.

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) DKI Jakarta telah berakhir dan saat ini proses belajar-mengajar telah dimulai. "Kami ucapkan selamat kepada siswa-siswi yang diterima pada sekolah pilihan masing-masing. Teruslah berprestasi untuk meraih impian," kata Budi.

Pewarta: Lifia Mawaddah Putri
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2024