Banyuwangi (ANTARA) - Tiga orang menteri dijadwalkan menyaksikan langsung parade kolosal pada agenda Karnaval Etnik Banyuwangi (Banyuwangi Ethno Carnival/BEC) di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu (13/7) besok.

Pejabat negara yang sudah terkonfirmasi hadir, yakni Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Abdullah Azwar Anas.

"Untuk menteri yang sudah mengkonfirmasi hadir ada tiga, Menparekraf, Menteri PUPR dan Menpan RB. Kami masih memastikan kehadiran sejumlah undangan lainnya," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Banyuwangi Mujiono di Banyuwangi, jawa Timur, Jumat.

Baca juga: Karnaval Etnik Banyuwangi digelar akhir pekan ini

Sekda Mujiono menyampaikan, di sela pelaksanaan Karnaval Etnik Banyuwangi Menparekraf Sandiaga nantinya akan menyerahkan sertifikat Karisma Event Nusantara (KEN) kepada Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani.

Karisma Event Nusantara merupakan program Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam mendukung dan mengembangkan kegiatan-kegiatan daerah bertaraf nasional.

Selain agenda Banyuwangi Ethno Carnival, event Banyuwangi Festival lainnya yakni Gandrung Sewu juga telah masuk Karisma Event Nusantara sejak tahun 2022.
Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani menyapa peserta memperagakan kostum pada sesi penilaian Banyuwangi Ethno Carnival (BEC) 2024 di Gesibu Blambangan, Banyuwangi, Jawa Timur. ANTARA/HO-Humas Pemkab Banyuwangi


"Menparekraf Sandiaga selain nonton BEC juga dijadwalkan melakukan penilaian Anugerah Desa Wisata di Desa Adat Osing Kemiren," ujar Sekda Mujiono.

Desa Kemiren menjadi satu dari empat perwakilan desa wisata dari Jawa Timur yang lolos ke babak akhir ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI).

ADWI digelar oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) yang diikuti oleh 6.016 desa wisata se-Indonesia.

Baca juga: Pemkab Banyuwangi usung tema "The Magic of Ijen Geopark" BEC tahun ini

"Sementara Menteri PUPR akan meninjau revitalisasi Pasar Banyuwangi dan kawasan heritage Asrama Inggrisan," kata Mujiono.

Sekda Mujiono menambahkan, revitalisasi Pasar Banyuwangi dibangun menggunakan anggaran Kementerian PUPR dengan anggaran total sekitar Rp200 miliar.

Pewarta: Novi Husdinariyanto
Editor: Adi Lazuardi
COPYRIGHT © ANTARA 2024