Jakarta (ANTARA) - Grand Syekh Al-Azhar, Mesir Prof Ahmad Muhammad Ahmad Ath-Thayyeb mengapresiasi upaya Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI atas komitmen yang ditunjukkannya dalam membantu Palestina yang sedang dilanda peperangan.

Apresiasi tersebut diungkapkan Ahmad kala menerima infak kemanusiaan Palestina dari masyarakat Indonesia, yang disalurkan oleh Baznas sebesar dua juta dolar AS (sekitar Rp32 miliar), sebagai kelanjutan dari infak sebelumnya sebesar 1,3 juta dolar AS, yang disalurkan melalui lembaga amil zakat yang dibina oleh Grand Syekh Al-Azhar, Bayt Zakat Wa As-Shadaqat.

Baca juga: Grand Syekh Al Azhar: Umat Islam berhutang jasa pada Muhammadiyah

"Terima kasih kepada Baznas atas inisiatif ini dan terima kasih untuk undangannya, sehingga saya bisa bergabung pada kesempatan ini. Bantuan ini mencerminkan kepedulian dan persatuan umat Islam di seluruh dunia," katanya melalui keterangan di Jakarta, Jumat.

Grand Syekh Al-Azhar juga mengapresiasi upaya Baznas dalam membantu para pelajar Palestina yang tengah menuntut ilmu di Mesir.

"Saya sangat mengapresiasi upaya-upaya Baznas, terutama dalam membantu mahasiswa dan pelajar Palestina yang ada di Al-Azhar. Bahkan, kami juga memberikan (bantuan) kepada pelajar dan mahasiswa Palestina di Mesir yang berada di luar Universitas Al-Azhar," ujarnya.

Sementara itu, Musytasyar Grand Syaikh Al-Azhar untuk Bayt Zakat Wa As-Shadaqat, Prof Sahr Nasr turut memberikan apresiasi kepada Baznas atas kerja sama yang sudah terjalin selama ini.

"Kami sangat senang bisa bekerja sama dengan Baznas dan kami akan memastikan bahwa bantuan yang diamanahkan ini akan kami salurkan tepat sasaran dan bisa dirasakan manfaatnya oleh saudara-saudara kita di Palestina," ucapnya.

Ketua Baznas RI Noor Achmad menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Pemerintah Mesir dan Grand Syekh Al-Azhar atas kerja samanya membantu Baznas dalam menyalurkan bantuan masyarakat Indonesia untuk Palestina.

Baca juga: Baznas salurkan infak Palestina 2 juta Dolar AS melalui Grand Syekh

Baca juga: Muhammadiyah sambut kedatangan Grand Syekh Al Azhar di Gedung Dakwah


Ia juga mengucapkan terima kasih karena selama ini apa yang dilakukan Bayt Zakat Wa As-Shadaqat banyak memberikan dorongan bagi masyarakat Indonesia untuk membantu masyarakat Gaza, Palestina.

"Kami juga berharap kerja sama ini dapat terus ditingkatkan dalam bentuk lainnya dalam rangka untuk kesejahteraan umat," kata Noor.

Pewarta: Sean Filo Muhamad
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2024