Jakarta (ANTARA) - Badan Narkotika Nasional (BNN) RI mengapresiasi Polisi Federal Australia atau Australian Federal Police (AFP) atas dukungan dan kerja sama dalam menangani permasalahan narkotika selama ini.

Kepala BNN RI Komjen Pol. Marthinus Hukom mengatakan sejak menjabat sebagai orang nomor satu di BNN RI, dirinya merasakan dukungan yang luar biasa dari AFP dalam penanganan permasalahan narkotika di Indonesia.

"Saya melihat kerja sama ini sangat luar biasa dan akan menjadi bagian dari kehidupan saya secara pribadi,” kata Marthinus dalam acara farewell dinner dengan Liaison Officer (LO) AFP Daniel Stewart di Jakarta, Kamis (11/7), seperti dikutip dari keterangan resmi di Jakarta, Jumat.

Baca juga: BNN RI ajak Timor Leste kerja sama tangani kejahatan narkotika

Dia menuturkan sejak menjabat sebagai Kepala BNN RI, pihaknya telah bekerja sama dengan AFP selama tujuh bulan.

Adapun salah satu kerja sama BNN RI dan AFP yang telah terjalin, yakni kerja sama di bidang pelatihan intelijen untuk mendeteksi pergerakan dan distribusi narkotika, baik dari jalur darat maupun laut.

Maka dari itu, dia berharap pergantian LO AFP di Indonesia tidak akan berdampak terhadap kerja sama yang telah terjalin sangat baik antarkedua pihak.

Baca juga: BNN RI-ONCB Thailand perkuat pengawasan narkotika di Segitiga Emas

Senada, LO AFP Daniel Stewart menuturkan kerja sama AFP dan BNN RI telah berjalan dengan sangat baik sedari dulu.

“Saya sangat menghargai karena BNN RI membuka pintu kerja sama selebar-lebarnya, sehingga mempermudah AFP untuk berkolaborasi bersama BNN RI dalam penanggulangan permasalahan narkotika,” ujar Daniel dalam kesempatan yang sama.

Dia pun memastikan hubungan kerja sama antara AFP dengan BNN RI akan tetap berlanjut, meskipun dirinya tidak lagi bertugas di Indonesia.

Ia menegaskan kerja sama tersebut sangat berarti, baik bagi AFP maupun BNN RI. Pihaknya juga berharap BNN RI akan terus melakukan inovasi untuk menghadapi tantangan dan dinamika permasalahan narkotika yang semakin kompleks ke depan.

Baca juga: BNN: RI koordinasi dengan Filipina terkait penjemputan gembong narkoba
Baca juga: BNN RI dan Singapura bangun kemitraan strategis penanganan narkotika
Baca juga: BNN RI perkuat kerja sama dengan Kejaksaan Agung Korea cegah narkotika

 

Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2024