Jakarta (ANTARA) - Indonesia dan Australia meningkatkan kerja sama perpajakan antara kedua negara dengan meluncurkan Indonesian Tax Centre di Australia (INTACT Australia).

Menurut keterangan tertulis KJRI Perth yang diterima di Jakarta, Jumat, INTACT Australia bertujuan untuk menjadi pusat penelitian unggulan dan platform kolaborasi bagi peneliti dan ahli perpajakan Indonesia di Australia.

Peluncuran tersebut ditandai dengan seminar perdana bertajuk “Membangun Sistem Perpajakan yang Tangguh: Wawasan Kolaboratif dari Indonesia dan Australia” yang diselenggarakan secara daring pada Jumat.

“Kami bangga menjadi jembatan penghubung antara Indonesia dan Australia dalam bidang perpajakan,” kata Ketua INTACT Australia, Henderi Gunadi.

“Melalui penelitian, publikasi, dan kolaborasi, kami berharap dapat berkontribusi pada pengembangan kebijakan perpajakan yang inovatif, adil dan berkelanjutan untuk kedua negara,” tambahnya.

Dalam seminar tersebut, Konselor Utama Ekonomi KBRI Canberra Pande Ketut Wuri Handayani membahas peran INTACT Australia dalam membantu WNI yang ada di Australia untuk menyelesaikan masalah perpajakannya.

Selain itu, Konselor mengatakan bahwa INTACT Australia juga memiliki peran penting dalam pengembangan penelitian dan kebijakan perpajakan.

Direktur Penyuluhan, Pelayanan dan Humas Direktorat Jenderal Pajak Dwi Astuti, yang juga meresmikan langsung INTACT Australia, berharap agar INTACT Australia dapat berperan dalam mendukung peningkatan kebijakan perpajakan yang lebih baik, perbaikan administrasi pajak dan memperkuat kerja sama bilateral kedua negara.

Pihak KJRI menyampaikan bahwa INTACT Australia akan fokus pada empat bidang utama: mempromosikan penelitian yang berkualitas, memfasilitasi diskusi dan wawasan perpajakan, mendorong lahirnya kebijakan perpajakan berbasiskan penelitian, data dan kajian akademis.

INTACT Australia memiliki tiga departemen, yaitu divisi penelitian dan publikasi akademik, komunikasi dan hubungan masyarakat, dan manajemen pengembangan kapasitas.

Pusat penelitian tersebut juga akan aktif dalam memfasilitasi dialog dan proyek penelitian bersama yang membahas tantangan dan peluang perpajakan bersama.

Sebagai satu-satunya pusat pajak Indonesia di Australia dan salah satu dari dua pusat internasional di dunia, INTACT Australia berkomitmen untuk mempromosikan keunggulan penelitian, memfasilitasi pertukaran pengetahuan, mendukung pengembangan kebijakan, dan memperkuat kerja sama bilateral di bidang perpajakan.

Baca juga: KJRI Perth gelar pekan promosi seni budaya "Jalan-Jalan Indonesia"
Baca juga: Peringati Hari Kartini, KJRI Perth bahas isu pemberdayaan perempuan


Pewarta: Cindy Frishanti Octavia
Editor: M Razi Rahman
COPYRIGHT © ANTARA 2024