New York & San Diego--(ANTARA/Business Wire)-- BG Titan Group (“BGT”), perusahaan terkemuka dalam proyek pembangunan infrastruktur, dan Veea Inc. (“VEEA”), pelopor pertama di pasar dalam jaringan multiakses hiperkonvergensi, yang memadukan komputasi edge-to-cloud dan Edge AI, hari ini mengumumkan jalinan kemitraan strategis mereka yang bertujuan untuk mendorong inklusi koneksi broadband dan pengembangan masyarakat di negara-negara Afrika Utara. Kedua belah pihak menandatangani Perjanjian Kerja Sama pada awal tahun ini untuk mendukung pengembangan pasar bersama dan peluncuran jaringan yang dimulai pada tahun 2023 di wilayah lain. Kolaborasi ini mengembangkan kemampuan kedua perusahaan yang telah terbukti dapat memenuhi kebutuhan kritis akan akses Internet yang andal di daerah terpencil di Afrika Utara melalui penyedia layanan lokal dan regional yang menawarkan layanan bernilai tambah dengan fokus untuk mengatasi tantangan ketahanan pangan di wilayah tersebut.

Menerangi Jalan Menuju Inklusivitas Digital

Di era ketika akses Internet menjadi kunci keberhasilan bagi orang-orang yang kurang beruntung secara sosial dan ekonomi, BGT dan Veea berkomitmen untuk mengupayakan pemerataan digital di Afrika Utara, seraya menawarkan beragam solusi kepada masyarakat yang membutuhkan di wilayah tersebut. Kemitraan ini akan berfokus pada implementasi platform virtual Trusted Broadband Access (vTBA) milik Veea, yang dirancang untuk menyediakan akses Internet yang ekonomis, aman, dan berkualitas tinggi, serta beragam solusi canggih lainnya, untuk golongan masyarakat yang selama ini tertinggal dalam revolusi digital.

Platform Veea Edge dapat memperluas ketersediaan teknologi AI, berdasarkan Large Language Model (LLM) seperti OpenAI ChatGPT, Google Bard, Meta Llama, dan lainnya, yang kini telah merambah cepat ke sektor pendidikan, kesehatan, dan sektor-sektor lainnya di pusat kota, di kalangan masyarakat yang membutuhkan secara efektif, dengan potensi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan pelatihan jarak jauh, pelayanan kesehatan jarak jauh, agen virtual untuk kasus penggunaan di bidang pertanian dan penanggulangan bencana, dan masih banyak lagi. Selain itu, Edge AI yang digunakan secara lokal di area pedesaan turut menghadirkan kecerdasan pada aplikasi Internet of Things (IoT) VeeaHub yang disalurkan melalui gateway IoT VeeaHub, yang dapat membantu untuk beragam kasus penggunaan seperti pertanian presisi, manajemen kualitas air dan udara, pengoptimalan konsumsi energi, keamanan publik, dan pemantauan lingkungan.

“Kolaborasi kami lebih dari sekadar peluncuran infrastruktur,” ujar Aymen Boughanmi, CEO BGT. “Setiap VeeaHub yang kami pasang adalah katalisator perubahan, peluang di wilayah yang telah lama tidak dijamah oleh teknologi.”

Memberdayakan Masyarakat dengan Konektivitas

1. Pemerataan dan Inklusivitas Broadband: Kemitraan ini bertujuan untuk mendorong pemerataan broadband dengan menyediakan layanan Internet yang terjangkau dan mudah diakses oleh berbagai kalangan masyarakat, khususnya di daerah pedesaan dan yang membutuhkan, untuk memastikan bahwa semua kalangan masyarakat memiliki kesempatan untuk berpartisipasi dalam ekonomi digital. ISP lokal dapat memperluas wilayah cakupannya melalui penggunaan produk Platform Veea Edge, yang menawarkan solusi konektivitas yang bebas hambatan dan ekonomis melalui Wi-Fi yang dikelola seperti jaringan seluler. Ini memungkinkan ISP untuk memperluas layanan tanpa investasi besar yang biasanya diperlukan untuk infrastruktur seluler tradisional, sambil menyediakan layanan bernilai tambah yang dikelola untuk berbagai aplikasi, seperti:

    • Akses jarak jauh untuk pendidikan, perawatan kesehatan, dan pelatihan
    • Pertanian presisi regeneratif dan pertanian cerdas
    • Streaming atau konten cach untuk hiburan dan permainan video game
    • Kasus penggunaan IoT industri dan perusahaan

2. Konektivitas Pendidikan yang Lebih Baik: Menyadari pentingnya potensi transformasi dari pendidikan, kemitraan ini akan memprioritaskan koneksi Internet untuk lembaga pendidikan di daerah terpencil, yang mengubah sekolah-sekolah di daerah terpencil menjadi pusat pembelajaran digital. Sekolah akan memperoleh akses Internet yang berkualitas dan andal — sehingga memungkinkan para murid dan guru untuk memanfaatkan sumber daya pembelajaran online secara langsung atau melalui konten cach tentang edukasi di unit VeeaHub dalam skala lokal, seraya terhubung dengan pusat-pusat pendidikan di semua tingkat pendidikan di pusat kota. Pembelajaran jarak jauh menjadi semakin efektif melalui penerapan LLM dengan cara mengadaptasi konten sesuai dengan kebutuhan kognitif masing-masing murid pada saat ini dalam kelompok masyarakat kecil.

3. Layanan Kesehatan dan Pengobatan Jarak Jauh: Veea dan BGT telah berkolaborasi untuk mengembangkan layanan kesehatan dan pengobatan jarak jauh di beberapa wilayah. Penggunaan teknologi dalam pelayanan kesehatan dapat membantu sistem, organisasi, dan penyedia layanan kesehatan dalam memperluas jangkauan akses serta meningkatkan kualitas, keamanan, dan efektivitas pelayanan kesehatan di desa. Pelayanan kesehatan jarak jauh dapat mengurangi kesulitan yang dihadapi oleh pasien, seperti masalah transportasi yang berhubungan dengan perjalanan untuk mendapatkan perawatan khusus. Di wilayah pedesaan, di mana akses ke spesialis sangat terbatas, AI yang berbasis LLM dapat bertindak sebagai konsultan virtual yang membantu para ahli kesehatan setempat membuat keputusan yang akurat dan cepat. Algoritma pembelajaran mesin berdasarkan data yang dikumpulkan dan diproses secara lokal juga dapat membantu deteksi dini penyakit, pandemi, dan penilaian kesehatan masyarakat yang berhubungan dengan pencemaran lingkungan dengan menganalisis pola data pasien, sehingga memungkinkan intervensi preventif secara proaktif.

4. Mengatasi Tantangan Keamanan dan Ketahanan Pangan: Mengingat jumlah penduduk dunia melebihi produksi pangannya, ketahanan pangan kini menjadi masalah keamanan bagi sebagian besar negara, khususnya negara-negara di Afrika Utara, karena fenomena cuaca ekstrem seperti gelombang panas, banjir, kebakaran hutan, dan badai kencang. Diperkirakan juga bahwa variabilitas hidrologi yang ekstrem akan turut menimbulkan dampak negatif yang signifikan bagi Afrika Utara, sehingga memperparah situasi keterbatasan sumber daya air. Platform Veea Edge menawarkan kemampuan distribusi air dan manajemen irigasi regional, bersama dengan solusi pertanian presisi, yang dapat meningkatkan hasil panen berbagai tanaman melalui pertanian berbasis data yang diperoleh dari sensor, alat pemeriksa tanah, drone, dan citra satelit, serta stasiun cuaca skala mikro dan pembelajaran mendalam AI.

5. Pemantauan Lingkungan dan Penanggulangan Bencana Alam: Di wilayah yang rentan dilanda fenomena cuaca ekstrem, pemrosesan data dari berbagai sensor di aplikasi VeeaHub dapat membantu memantau kualitas udara, memprediksi badai pasir, dan memberi tahu masyarakat sebelum bencana alam terjadi. Dalam skenario semacam itu, Platform Veea Edge menawarkan jaringan komunikasi lokal untuk mengoordinasikan tanggap darurat dan menyelamatkan nyawa sembari menawarkan cakupan jaringan dan aplikasi untuk memantau, melaporkan, dan memverifikasi tujuan keberlanjutan regional.

Jalinan kemitraan antara BGT dan Veea lebih dari sekadar bisnis semata – kemitraan ini merupakan seruan untuk menciptakan perubahan serta pembuktian potensi teknologi untuk mewujudkan perubahannya jika dimanfaatkan dengan kepedulian dan wawasan. Kemitraan ini bertujuan untuk memfasilitasi pasar digital lokal yang digerakkan oleh AI dengan blockchain unik untuk transaksi keuangan yang aman melalui akses ke pinjaman mikro dan layanan perbankan digital. Para pelaku usaha kecil di wilayah pedesaan akan dapat menjangkau pasar global, para seniman dapat menunjukkan karyanya dalam skala internasional, dan para pengusaha dapat mengakses sumber daya yang sebelumnya tidak terjangkau. Kedua belah Pihak terlibat dalam diskusi kemitraan lebih jauh dengan ISP, sejumlah lembaga regional dan internasional, pengelola dana pemerintah, dan yayasan dalam berbagai proyek di Afrika Utara.

“Platform Veea Edge ibarat pisau Swiss Army dalam hal transformasi digital,” jelas Allen Salmasi, CEO Veea. “Ini bukan hanya tentang menyediakan akses internet saja Kami menggunakan jaringan mesh perangkat komputasi cerdas VeeaHub yang menghadirkan kekuatan komputasi dengan aplikasi, integrasi IoT, dan AI secara langsung ke masyarakat yang belum memperoleh manfaat teknologi akses broadband.”

“Kolaborasi ini menjadi standar baru untuk pengembangan infrastruktur dalam mewujudkan manfaat layanan sosial dan keamanan publik, produktivitas bisnis, dan keberlanjutan dalam skala regional,” ujar Aymen Boughanmi. “Kemajuan teknologi yang pesat, didukung dengan banyaknya model AI yang dimanfaatkan, akan dapat menjembatani impian dan aspirasi masyarakat yang tinggal di wilayah yang membutuhkan menuju ke peluang dan pertumbuhan yang sama sekali baru.”

Tentang BG Titan Group

BGT adalah perusahaan global terkemuka dalam bidang pembangunan infrastruktur, dengan spesialisasi di proyek skala besar yang mendorong pertumbuhan ekonomi dan pengembangan masyarakat. Dengan kehadirannya di berbagai wilayah, BGT berkomitmen untuk menyediakan solusi inovatif yang mampu memenuhi kebutuhan infrastruktur penting.

Tentang Veea Inc.

Veea® membuat kehidupan dan pekerjaan menjadi lebih mudah dan lebih aman. Veea memiliki solusi komputasi, komunikasi, layanan penyimpanan, dan keamanan terpadu melalui produk komputasi yang terintegrasi penuh, mudah digunakan, dan mudah dikelola. Perangkat hub komputasi cerdas VeeaHub, dari Platform Veea Edge yang lengkap, integrasi multiprotokol dengan jaringan tingkat lanjut untuk aplikasi yang berjalan di container Secured DockerTM pada jaringan mesh networking dan komputasi dengan manajemen cloud perangkat, aplikasi, dan layanan bernilai tambah. Veea memperluas jaringan fiber optik, seluler, dan jaringan satelit, dengan perangkat Wi-Fi dan IoT, sensor, dan mesin, sebagai perpanjangan layanan ISP pada jaringan area lokal.

Platform komputasi terdistribusi multi-tenant juga memungkinkan pemantauan, perintah, dan kontrol sumber daya, aset, dan titik akhir dengan jaringan canggih untuk aplikasi IoT di wilayah yang luas, baik untuk pasar konsumen maupun perusahaan. Veea Developer Portal dan alat pengembangan dapat digunakan untuk pengembangan cepat aplikasi yang lebih responsif, menjaga privasi data, dan beroperasi dengan lebih aman, secara opsional, dengan Edge AI. Lingkungan perangkat lunak virtual VeeaHub menyediakan perangkat akses layanan yang aman dengan Zero Trust Network Access (ZTNA) untuk layanan.

Platform Veea Edge menawarkan berbagai solusi dengan biaya terjangkau untuk masyarakat yang membutuhkan, perusahaan, dan penyedia layanan untuk kasus pengguna B2B dan B2B2C serta layanan bernilai tambah. Veea bekerja dengan, dan memasok ke, pelanggan perusahaan, penyedia layanan, mitra penyalur, integrator sistem, dan lembaga pemerintah. Veea didirikan pada tahun 2014 dan berkantor pusat di New York City. Untuk informasi selengkapnya, kunjungi veea.com dan ikuti kami di X dan LinkedIn.

Pengumuman ini dianggap sah dan berwenang hanya dalam versi bahasa aslinya. Terjemahan-terjemahan disediakan hanya sebagai alat bantu, dan harus dengan penunjukan ke bahasa asli teksnya, yang adalah satu-satunya versi yang dimaksudkan untuk mempunyai kekuatan hukum.

Kontak
Kontak Media:

Veea Inc.
James Christopherson
Sterling Communications for Veea

Sumber: Veea Inc.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2024