Jakarta (ANTARA) -
Beberapa berita humaniora terjadi di Indonesia, Jumat (12/7), mulai dari anggota Komisi X DPR Nur Purnamasidi menilai pembayaran UKT dengan pinjol bukan solusi hingga Kemenkes hadirkan sejumlah upaya memaksimalkan potensi anak-anak Indonesia penyandang disabilitas.
 
Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca.

 
Anggota DPR nilai pembayaran UKT dengan pinjol bukan solusi
 
Anggota Komisi X DPR RI Muhamad Nur Purnamasidi menilai gagasan untuk memperbolehkan mahasiswa membayar uang kuliah tunggal (UKT) dengan pinjaman online (pinjol) bukan merupakan solusi yang tepat dalam mengatasi mahalnya biaya pendidikan tinggi.
 
Menurut Nur, pembayaran UKT menggunakan pinjol justru menjerumuskan mahasiswa ke dalam masalah yang lebih kompleks.
 
Selengkapnya baca di sini.

 
Jenazah pebulu tangkis China masih disimpan di RSUP Sardjito
 
Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr Sardjito Yogyakarta menyatakan jenazah pebulu tangkis tunggal putra China Zhang Zhi Jie sejak meninggal pada Minggu (30/6) masih disimpan di ruang pendingin rumah sakit itu.
 
Kepala Bagian Hukum dan Humas RSUP Dr Sardjito Banu Hermawan saat dihubungi di Yogyakarta, Jumat (12/7), memastikan meski sudah hampir dua pekan jenazah Zhang masih dalam kondisi baik atau aman dari kerusakan karena proses dekomposisi atau pembusukan.
 
Selengkapnya baca di sini.

 
Paus Fransiskus ke Timor Leste, Kemenag lakukan koordinasi perbatasan
 
Menjelang kunjungan Bapa Suci Paus Fransiskus ke Timor Leste, Kementerian Agama (Kemenag) RI melakukan koordinasi dengan perbatasan Indonesia-Timor Leste di sejumlah wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), untuk mengantisipasi adanya masyarakat yang ingin bertemu Paus.
 
Uskup Keuskupan Atambua, NTT Mgr Dominikus Saku melalui keterangan di Jakarta, Jumat (12/7), mengatakan pihaknya telah melakukan sosialisasi pendaftaran umat yang berada di bawah naungannya untuk mengikuti kegiatan kunjungan Paus Fransiskus ke Jakarta, namun hingga kini belum ada peserta yang mendaftar.
 
Selengkapnya baca di sini.

 
Presiden akan tinjau panen kopi di Lampung Barat
 
Presiden Joko Widodo (Jokowi) melanjutkan hari kedua kunjungan kerjanya di Provinsi Lampung dengan mengecek fasilitas kesehatan serta meninjau panen kopi di Kabupaten Lampung Barat.
 
Melalui Helipad Stadion Transad Poncowati, Kabupaten Lampung Tengah, Jumat (12/7), Presiden Jokowi dan rombongan lepas landas menggunakan helikopter Super Puma TNI AU sekitar pukul 07.45 WIB.
 
Selengkapnya baca di sini.

 
Kemenkes gencarkan upaya berdayakan penyandang disabilitas
 
Direktur Kesehatan Usia Produktif dan Lanjut Usia Kementerian Kesehatan Nida Rohmawati mengatakan bahwa pihaknya mengadakan sejumlah upaya, baik promotif maupun preventif guna memaksimalkan potensi anak-anak Indonesia yang menyandang disabilitas, termasuk down syndrome.
 
Dalam siaran Kementerian Kesehatan di Jakarta, Jumat (12/7), Nida menjelaskan bahwa ada sekitar 1,6 juta anak di Indonesia yang lahir menyandang disabilitas, dan terdapat 52 ribu anak-anak Indonesia berusia 5-17 yang memiliki down syndrome.
 
Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Riza Mulyadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024