Jakarta (ANTARA) - Salah seorang pemenang Hoegeng Awards 2024 untuk kategori Polisi Tapal Batas dan Pedalaman, yaitu Bhabinkamtibmas Kampung Ayambori, Manokwari, Papua Barat, Bripka Septinus Arui menyampaikan harapan anak-anak Papua.

Dalam sesi bincang-bincang bersama Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo dalam acara penghargaan yang digelar di Gedung Tribrata, Jakarta, Jumat (12/7) malam, Bripka Arui pada mulanya menyampaikan ucapan terima kasih atas penghargaan yang ia dapatkan.

Lalu, Arui yang merupakan putra dari Suku Arfak di Papua Barat itu bercerita bahwa anak-anak di daerah binaannya ingin menjadi polisi. Ia pun membantu mereka dengan memberikan surat rekomendasi. Akan tetapi, anak-anak tersebut belum lolos untuk masuk akademi kepolisian.

"Saya berikan harapan kepada mereka bahwa jangan putus asa dan percaya bahwa masih ada kesempatan untuk tahun depan," ujarnya.

Oleh karena itu, dalam kesempatan tersebut, ia menyampaikan harapan anak Papua yang ingin menempuh pendidikan kepolisian secara langsung di hadapan Kapolri.

Baca juga: Kapolri harap Hoegeng Awards 2024 jadi motivasi untuk terus berkarya

"Saya minta dengan harapan kepada Bapak Kapolri untuk anak-anak Papua. Kami juga bisa untuk berbuat baik demi kenyamanan dan ketertiban di wilayah Papua," ucapnya.

Adapun Bripka Arui menjadi pemenang dalam kategori Polisi Tapal Batas dan Pedalaman karena dedikasi-nya dalam memajukan pendidikan di daerah binaannya.

Diketahui, Polri kembali menggelar Hoegeng Awards 2024 untuk ketiga kalinya. Acara ini merupakan penghargaan bagi para personel kepolisian yang berdedikasi dalam tugasnya.

Terdapat 15 kandidat untuk lima kategori dalam Hoegeng Awards 2024, yakni kategori Polisi Berintegritas, kategori Polisi Tapal Batas dan Pedalaman, kategori Polisi Pelindung Perempuan dan Anak, kategori Polisi Inovatif, dan kategori Polisi Berdedikasi. Dari puluhan kandidat tersebut, ditentukan satu pemenang pada masing-masing kategori.

Berikut daftar pemenang Hoegeng Awards 2024:

- Polisi Berdedikasi: Pejabat Sementara Kasat Binmas Polres Jayapura, Iptu I Made Ambo Arjana.

- Polisi Inovatif: Kasat Lantas Polres Kukar periode 2021-2023, AKP Reza Pratama Rhamdani Yusuf.

- Polisi Pelindung Perempuan dan Anak: Kapolres Bogor, AKBP Rio Wahyu Anggoro.

- Polisi Tapal Batas dan Pedalaman: Bhabinkamtibmas Kampung Ayambori, Manokwari, Papua Barat, Bripka Septinus Arui.

- Polisi Berintegritas: Kabag Gadik Sepolwan Lemdiklat Polri, AKBP Sri Wahyuni.

Pewarta: Nadia Putri Rahmani
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2024