Jakarta (ANTARA) - Berbagai peristiwa politik kemarin (12/7) menjadi sorotan, mulai dari Indonesia-Malaysia bentuk forum parlemen untuk kemerdekaan Palestina hingga komentar Ridwan Kamil usai wacana Kaesang-Jusuf Hamka.

Berikut rangkuman ANTARA untuk berita politik kemarin yang menarik untuk kembali dibaca:

1. Indonesia-Malaysia bentuk forum parlemen untuk kemerdekaan Palestina

Parlemen Indonesia (BKSAP DPR RI) dan Malaysia (Kaukus Parlemen Malaysia untuk Palestina) memprakarsai dan menyepakati pembentukan Forum Parlemen Asia Tenggara untuk Kemerdekaan Palestina.

Kedua parlemen sepakat mengenai pentingnya upaya kolektif dari parlemen kawasan untuk mendukung kemerdekaan Palestina, dan menghentikan penjajahan Israel atas rakyat Palestina, sehingga turut mengajak serta seluruh anggota Parlemen Asia Tenggara lainnya.

"Mudah-mudahan forum ini bisa menjadi platform bagi perjuangan kemerdekaan Palestina dari sisi parlemen, khususnya di Asia Tenggara," kata Ketua BKSAP DPR RI Fadli Zon dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Jumat.

Baca selengkapnya di sini


2. Projo dukung mantan Panglima GAM maju Pilkada 2024

Dewan Pimpinan Pusat Pro Joko Widodo (DPP Projo) mengumumkan dukungan mereka kepada delapan nama untuk maju Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 di tingkat provinsi, kabupaten dan kota, termasuk eks/mantan Panglima Gerakan Aceh Merdeka (GAM) yang juga mantan Wakil Gubernur Aceh Periode 2012–2017,

Ketua Desk Pilkada DPP Projo Roy Abimanyu dalam jumpa pers di Kantor DPP Projo, Jakarta, Jumat, menyatakan Projo mendukung Muzakir Manaf sebagai salah satu dari delapan nama yang didukung sebagai calon gubernur dalam Pilkada 2024 di Aceh, apalagi Muzakir saat ini menjabat sebagai Ketua Umum Partai Aceh.

Tujuh nama lainnya, Mochamad Maesyal Rasyid sebagai calon Bupati Tangerang, Effendi Edo sebagai calon Wali Kota Cirebon, Taqyuddin Djabbar sebagai calon Wali Kota Parepare, Maryono Magga sebagai calon Bupati Sidrap, pasangan Erwin Burase-Abdul Sahid sebagai calon Bupati-Wakil Bupati Parigi Moutong, pasangan Iksan Baharuddin Abdul Rauf-Irene Ilyas sebagai pasangan calon Bupati dan calon Wakil Bupati Morowali, dan Charles A. M. Imbir untuk maju sebagai calon Bupati Raja Ampat.

Baca selengkapnya di sini


3. Gerinda-PKS duetkan Mahyeldi-Vasco dalam Pilkada Sumbar

Partai Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) memasangkan duet Mahyeldi dan Vasco Ruseimy dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat periode 2024-2029.

Dalam salinan surat yang diterima ANTARA di Padang, Jumat, penetapan duet Mahyeldi-Vasco itu tercantum dalam surat bernomor 07-1005/Rekom/DPP-GERINDRA/2024 tertanggal 11 Juli 2024 yang ditandatangani Ketua Dewan Pembina/Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Sekretaris Jenderal Ahmad Muzani.

Dalam surat tersebut, Partai Gerindra menugaskan pasangan Mahyeldi-Vasco untuk berkoordinasi dengan pengurus di daerah untuk menyusun program pemenangan di Sumbar.

Baca selengkapnya di sini


4. Sidang paripurna DPD diwarnai debat soal keberatan penggunaan kertas

Pelaksanaan Sidang Paripurna DPD RI ke-12 Masa Sidang V Tahun Sidang 2023-2024 di Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat, diwarnai interupsi dan perdebatan soal keberatan penggunaan kertas dalam proses persidangan.

Adapun interupsi keberatan itu salah satunya muncul dari Anggota DPD RI Daerah Pemilihan (Dapil) Aceh, Fachrul Razi.

Menurutnya di era teknologi ini penggunaan kertas sudah tidak relevan karena tidak ramah lingkungan.

Selengkapnya baca di sini


5. RK usai wacana Kaesang-Jusuf Hamka: Jabar mudah, Jakarta tidak masalah

Mantan Gubernur Jawa Barat sekaligus Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar Ridwan Kamil turut menanggapi wacana partai-nya mengusung Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia Kaesang Pangarep dengan pengusaha Jusuf Hamka atau Babah Alun untuk maju pada Pilkada Jakarta 2024.

"Pengabdian kepada bangsa negara ini di mana saja kalau saya. Kalau di Jabar lebih mudah, sudah pengalaman, hasil survei-nya juga bagus. Kalau dibutuhkan di Jakarta juga tidak ada masalah," kata pria yang akrab disapa RK, di ANTARA Heritage Center, Jakarta, Jumat.

Baca selengkapnya di sini

Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2024