Medan (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional I Sumatera Utara telah memberangkatkan sebanyak 146.482 penumpang selama libur sekolah tahun ajaran 2023/2024.

Manajer Humas KAI Divre I Sumut, Anwar Solikhin di Medan, Sabtu, mengatakan musim libur sekolah tahun ajaran 2023/2024 telah dimulai sejak Senin 24 Juni 2024 yang lalu.

Hingga Jumat (12/7)KAI Divre I Sumut mencatat sebanyak 146.482 tiket telah terjual atau sebesar 83 persen dari jumlah 176.912 tempat duduk yang disediakan.

Jika dibandingkan dengan hari biasa, pada momen libur panjang ini terdapat peningkatan sekitar 16 persen.

Baca juga: KAI Sumut: Pengembalian dana pembatalan tiket menjadi maksimal 7 hari

"Untuk penjualan tiket kereta api di masa libur di wilayah Divre I Sumut akan terus bertambah, mengingat libur sekolah masih berlangsung hingga 14 Juli 2024," kata Anwar.

Berdasarkan data penjualan, puncak volume penumpang tertinggi pada periode libur sekolah tahun ini terjadi pada Minggu 7 Juli 2024 sebanyak 8.859 penumpang.

"Hingga saat ini, rute favorit masyarakat pada periode libur panjang sekolah tahun ini diantaranya adalah Medan - Tanjung Balai, Medan - Rantau Prapat, dan Medan – Siantar," katanya.

KAI mengimbau ke masyarakat yang akan bepergian liburan sekolah menggunakan jasa KA dapat segera melakukan pemesanan tiket melalui aplikasi Access by KAI, website kai.id, dan channel penjualan resmi lainnya.

Untuk pembelian tiket di loket stasiun hanya melayani penjualan tiket go show.

"Dalam menyediakan transportasi kereta api khususnya pada masa long weekend, KAI berkomitmen akan melayani masyarakat dengan aman dan bebas dari kemacetan di jalan raya. Sehingga momen liburan sekolah bersama keluarga dapat dinikmati dengan nyaman dan menyenangkan," katanya.


Baca juga: KAI layani kepulangan jamaah haji Labuhanbatu dengan kereta api 

Pewarta: Juraidi
Editor: Adi Lazuardi
COPYRIGHT © ANTARA 2024