Beijing (ANTARA) - China kembali mencatatkan panen biji-bijian musim panas yang melimpah pada 2024, ungkap data resmi pada Jumat (12/7).

Output biji-bijian musim panas negara itu mencapai 149,78 juta ton tahun ini, naik 2,5 persen atau hampir 3,63 juta ton secara tahunan (year on year/yoy), menurut survei yang dilakukan oleh Biro Statistik Nasional (National Bureau of Statistics/NBS) China.

Area penanaman biji-bijian musim panas di China naik menjadi 26,613 juta hektare pada 2024, 4.500 hektare lebih luas dari tahun lalu, mempertahankan stabilitas. Selain itu, lebih dari 23 juta hektare gandum telah ditanam, naik 0,1 persen (yoy).

Output biji-bijian musim panas tahun ini per hektare mencapai 5.628 kilogram, naik 2,5 persen atau 135,4 kilogram dari tahun lalu.

Provinsi Henan di China tengah mencatatkan output biji-bijian musim panas hampir 37,86 juta ton tahun ini, yang merupakan output terbanyak di tingkat provinsi.

Dalam sebuah perjalanan penelitian ke Provinsi Henan, China tengah, pada Mei 2024, Perdana Menteri  China Li Qiang menyerukan upaya untuk mengamankan panen biji-bijian musim panas yang melimpah dan mempromosikan pengembangan pertanian yang inovatif.

Sembari menyerukan upaya-upaya untuk meningkatkan pemanenan termekanisasi lintas daerah, mencegah dan mengendalikan bencana, serta melakukan persiapan untuk penanaman musim panas, Li mengatakan bahwa harga beli biji-bijian minimum harus dimanfaatkan dengan baik guna memastikan bahwa para petani dapat menghasilkan uang.


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Atman Ahdiat
COPYRIGHT © ANTARA 2024