Jakarta (ANTARA) - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi menyatakan siap mendukung pembentukan Satgas Seniman Komunikasi Publik Kearifan Budaya (SKPKB) Seniman Komunikasi Publik Kearifan Kemenkominfo.

Menurut menteri dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu seniman memiliki peran penting dalam menjaga kearifan budaya dan identitas bangsa.

"Mereka adalah penjaga, pelestari, pengembang budaya bangsa, dan berperan aktif memberikan pencerahan di era 'polusi' kata-kata di media sosial," ujarnya saat menerima Ketua Umum Jaringan Pendamping Kebijakan Publik (JPKP) Maret Samuel Sueken bersama Raja Asdi dari Yayasan Generasi Lintas Budaya dan aktor film Fendy Pradana beberapa waktu lalu.

Baca juga: Pemkot Semarang-ANTARA Jateng perkuat literasi kearifan lokal ke gen Z

Sementara itu Raja Asdi menambahkan bahwa Yayasan Generasi Lintas Budaya dan Jaringan Pendamping Kebijakan Pembangunan (JPKP) akan melibatkan peran aktif seniman lintas profesi, lintas generasi dan lintas budaya insan seni tanah air untuk mendukung Satgas Seniman Komunikasi Publik Kearifan Kemenkominfo

"Ke depannya Satgas ini aktif di alam maya dan alam nyata merancang beragam ide komunikasi publik kearifan sebagai media bahana kebangsaan secara intens dan maksimal Kemenkominfo," ujarnya.

Aktor Fendy Pradana yang terkenal lewat perannya sebagai Brama Kumbara di film Saur Sepuh menyatakan siap menjadi Satgas Seniman Komunikasi Publik Kearifan Budaya.

Baca juga: Guspardi: Budaya dan kearifan lokal perlu masuk 52 RUU Kabupaten/Kota

Lebih lanjut, lelaki kelahiran Jember, 13 Februari 1965 ini mengungkapkan eksistensi dan peran seniman di tengah masyarakat.

"Seniman dapat memainkan peran lain dalam masyarakat, seperti sebagai kritik sosial, agen perubahan, dan pemersatu bangsa,” ujarnya.

Menurut peraih penghargaan Aktor Terbaik Film Cerita Lepas di Festival Film Indonesia (FFI) 2005 berkat perannnya dalam film ‘Surat Cinta untuk Reformasi’ itu, seniman adalah aset penting bagi bangsa dan perlu didukung dan diberdayakan.

Baca juga: Pemkab Flores Timur angkat kearifan lokal dalam Festival Bale Nagi

"Agar mereka dapat terus berkarya dan melestarikan budaya bangsa sebagai pihak yang efektif dalam komunikasi publik," ujarnya.

Hal senada dinyatakan Elly Ermawati, pemeran Mantili dalam film maupun sandiriwara radio Saur Sepuh, bahwa dirinya siap untuk menjadi Satgas Seniman Komunikasi Publik Kearifan Budaya.

Elly Ermawati masih aktif dalam dunia perfilman yang membesarkan namanya, bahkan ia aktif juga dalam kegiatan organisasi artis yang menaungi dunia perfilman. 

Baca juga: Rektor UIN minta alumni integrasikan nilai Islam dan kearifan budaya 

Baca juga: TPN apresiasi Extravaganjar Talents angkat kearifan budaya lokal

Pewarta: Subagyo
Editor: Siti Zulaikha
COPYRIGHT © ANTARA 2024