Sorong (ANTARA) - Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah XIV, Dr Suriel Semuel Mofu menyebutkan bahwa 897 dosen perguruan tinggi swasta di Tanah Papua telah mendapatkan sertifikasi sebagai dosen profesional untuk membangun kualitas pendidikan di kampus provinsi itu.
 
"Sertifikasi itu menunjukkan bahwa 897 dosen sudah profesional dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya demi membangun kualitas pendidikan di Tanah papua," kata dia.

Baca juga: PTS di Papua dan Papua Barat masih kekurangan 700 dosen
 
Sertifikasi kompetensi merupakan pengakuan bahwa dosen mempunyai keterampilan dan kemampuan yang mumpuni dan sesuai standar kerja yang ditetapkan.

"Ini bukan jumlah yang sedikit, ini juga bukti bahwa perguruan tinggi swasta pun berkualitas," katanya.
 
Karena, menurut dia, para dosen perguruan tinggi swasta berkualitas, sehingga negara memberikan penghargaan dan penghormatan melalui tunjangan sertifikasi dosen.
 
"Sebagai penghargaan, kita anggarkan Rp22 miliar setiap tahun untuk membiayai tunjangan sertifikasi dosen," ujar dia.

Baca juga: Mahasiswa Papua Santai, Dosen Perlu Ubah Pola Belajar

Baca juga: Dosen HI UMM: Perlu kajian menyeluruh bangun smelter di Papua
 
Dia menyebutkan dosen-dosen ini juga memiliki karir mulai dari jenjang asisten ahli sampai profesor. Selain itu, perguruan tinggi swasta juga memiliki satu profesor dan akan ada tiga atau empat profesor lagi dalam tahun ini.
 
"Ke depannya akan lahir lagi profesor dari perguruan tinggi swasta yang ikut mengimbangi perguruan tinggi negeri, seperti di Universitas Papua (Unipa) dan Universitas Cenderawasih di Jayapura," kata dia.

Pewarta: Yuvensius Lasa Banafanu
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2024