Jakarta (ANTARA) - Kanada akan berusaha mengulangi sukses Meksiko dan Honduras finis tempat ketiga dalam Copa America.

Kanada akan menghadapi Uruguay pada perebutan tempat ketiga Copa America 2024 di Stadion Bank of America, Charlotte, Karolina Utara, Amerika Serikat, Minggu esok pukul 07.00 WIB.

Kanada berkesempatan menjadi negara Concacaf (Amerika Utara dan Tengah) ketiga yang finis peringkat ketiga Copa America.

Meksiko mencapainya tiga kali pada 1997, 1999, dan 2007, sedangkan Honduras pada 2001.

Meksiko mengalahkan Peru dalam perebutan tempat ketiga Copa America 1997 di Bolivia lewat gol semata wayang penyerang Luis Hernandez.

Baca juga: Bielsa kecam pelaksana Copa Amerika atas kericuhan di tribun penonton

Dua tahun kemudian, Meksiko mempertahankan peringkat ketiga Copa America pada 1999 di Paraguay. El Tri mengalahkan Chile  2-1 berkat gol Juan Pelencia dan Miguel Zepeda.

Pada Copa America 2001 di Kolombia, giliran Honduras yang membuat kejutan dengan finis urutan ketiga turnamen itu.

Berstatus pengganti Argentina dan Kanada yang mengundurkan diri sebelum turnamen bergulir, Honduras finis tempat ketiga setelah mengalahkan Uruguay lewat adu penalti 5-4 setelah imbang 2-2 pada partai perebutan tempat ketiga.

Enam tahun setelah itu, tim Concacaf kembali menempati peringkat ketiga Copa America 2007 di Venezuela setelah Meksiko mengalahkan Uruguay 3-1 berkat gol Cuauhtemoc Blanco, Omar Bravo dan Jose Guardado.

Meksiko menjadi satu-satunya tim Concacaf yang melangkah lebih jauh dari sekadar tempat ketiga karena menjadi runner up 1993 dan 2001.

Baca juga: Pelatih Kolombia sangat senang bertemu Argentina di laga final

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2024