Pangkalpinang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov Babel) memfasilitasi promosi untuk berbagai produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), serta produk industri kecil dan menengah (IKM), agar semakin dikenal konsumen melalui kegiatan Festival ErPeKa 2024.

"Festival ErPeKa tahun ini rencananya kami laksanakan pada 1 hingga 4 Agustus di Taman Wilhelmina, Kota Pangkalpinang, kami berharap kegiatan ini bisa memberikan dampak positif terhadap perkembangan usaha yang dijalankan para pelaku UMKM binaan," kata Kepala Unit Pelayanan Teknis Dinas (UPTD) Rumah Promosi dan Kemasan (RPK) Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Babel Alfatah Suriaan, di Pangkalpinang, Sabtu.

Menurut dia, kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk keseriusan pemerintah dalam upaya membantu meningkatkan kegiatan usaha yang sedang dijalankan masyarakat.

"Ini juga salah satu tugas dan fungsi UPTD RPK, kami akan mengikutsertakan UMKM dan IKM yang ada di Babel dan instansi yang berwenang terhadap perizinan produk UMKM," ujarnya.

Menurut dia, promosi melalui festival seperti itu akan memberikan keuntungan bagi para pelaku UMKM dan IKM mendapatkan akses pasar lokal maupun nasional.

Ia berharap masyarakat yang mencintai makanan olahan dan minuman UMKM dan IKM, serta pengembangan produk UMKM untuk hadir dan meramaikan acara tersebut.

Sub Koordinator Promosi UPTD RPK Yossie mengatakan pada kegiatan itu, UPTD RPK Babel akan melibatkan pelaku IKM dan UMKM untuk promosi produk, sedangkan instansi yang ada kaitannya dengan IKM dan UMKM akan memberikan pelayanan terkait perizinan produk UMKM.

"Agenda kegiatan cukup banyak, karena tidak hanya bazar produk UMKM, tapi juga ada layanan produk, perlombaan, seminar hingga panggung hiburan," katanya pula.
Baca juga: Babel gelar Festival Semarak UMKM "Food Court"

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta/Elza Elvia
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2024