Pangkalpinang (ANTARA) - Yayasan Baitul Maal (YBM) PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah (UIW) Bangka Belitung mengadakan khitan sehat gratis untuk 70 anak dari keluarga prasejahtera yang ada di Pulau Bangka dan Belitung.

"Kegiatan khitan sehat gratis ini diadakan dalam rangka peringatan 1 Muharram 1446 H dan Hari Anak Nasional dengan melibatkan 70 anak berusia dua hingga 12 tahun dari keluarga prasejahtera," kata Ketua YBM PLN Babel Adhy Setiawan di Pangkalpinang, Sabtu.

Menurut dia, khitan merupakan praktik yang penting bagi anak laki-laki Muslim karena dapat meningkatkan kesehatan dan mengurangi risiko infeksi di masa depan.

Baca juga: YBM PLN Babel salurkan zakat kepada warga di Belitung Timur

YBM PLN merupakan lembaga yang mengelola zakat dari potongan penghasilan pegawai PLN setiap bulan, selanjutnya akan disalurkan kembali untuk berbagai kegiatan, salah satunya khitan yang merupakan bagian dari pilar kesehatan YBM.

"Kegiatan khitan sehat gratis ini merupakan agenda rutin YBM setiap tahun karena khitan merupakan sunnah yang sangat dianjurkan bagi laki-laki Muslim dan memiliki banyak manfaat. Semoga anak-anak kita dapat tumbuh sehat, cerdas, dan menjadi pribadi yang bertakwa," katanya.

Para peserta khitan sehat gratis juga mendapatkan bingkisan berupa tas sekolah, sarung, celana, dan peci.

Baca juga: YBM PLN Lampung salurkan zakat Rp621 juta

Pengelola Sunat Center Al-Fatih Pangkalpinang dr. Muhammad Febri menjelaskan metode sunat yang digunakan merupakan metode terkini sehingga para orang tua tidak perlu sungkan untuk bertanya terkait setelah proses khitan.

Salah satu orang tua peserta Rina mengucapkan terima kasih kepada YBM PLN UIW Babel atas bantuan yang telah diberikan.

"Semoga setelah khitan, anak saya menjadi lebih dewasa, rajin beribadah, dan berbakti kepada orang tua. Terima kasih kepada seluruh muzakki YBM PLN Babel atas bantuannya dan semoga semuanya diberkahi, sehat, dan dipermudah urusannya," kata dia.

Baca juga: YBM PLN Karawang salurkan paket sembako kepada dhuafa dan guru ngaji

General Manager PLN UIW Babel Mohammad Munief Budiman menyampaikan bahwa kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian PLN terhadap kesehatan dan kesejahteraan anak-anak di Babel

"Zakat yang dikumpulkan pegawai PLN di seluruh Indonesia ini dapat juga dirasakan oleh masyarakat di Bangka Belitung. Kami berharap semoga bantuan ini bermanfaat meringankan beban orang tua yang mengkhitankan anak-anaknya," kata dia.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024