Tangerang (ANTARA) - Pemerintah Kota Tangerang, Banten mengungkapkan penggunaan penerangan jalan umum (PJU) tenaga surya sebagai upaya untuk menurunkan emisi dalam mengadopsi energi terbarukan yang lebih ramah lingkungan.

"Kita harap hibah dari Kementerian ESDM berupa PJU tenaga surya bagian dari upaya pemerintah secara umum mengadopsi energi terbarukan yang lebih ramah lingkungan," kata Sekretaris Daerah Kota Tangerang Herman Suwarman di Tangerang, Sabtu.

Sebelumnya Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral menyerahkan hibah kepada Pemerintah Kota Tangerang berupa 418 unit penerangan jalan umum (PJU) tenaga surya.

Sekda juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Kementerian ESDM atas hibah yang bermanfaat untuk Kota Tangerang.

Dijelaskannya pada tahun 2023, Pemkot Tangerang menerima PJU tenaga surya sebanyak 680 unit dan satu sumur bor air bersih. Lalu tahun 2024 menerima hibah 418 PJU tenaga surya.

Baca juga: Raih Penghargaan Penurunan Emisi Korporasi Terbaik 2024, Bukti Komitmen WIKA Dukung Net Zero Emission Indonesia
Baca juga: Anggota DPR sebut program PJU-TS berikan manfaat bagi masyarakat


"Diharapkan akan tercipta lingkungan yang lebih hemat energi, dan dapat meningkatkan keamanan dan kenyamanan masyarakat Kota Tangerang," katanya.

Sebelumnya, Dirjen EBTKE Profesor Eniya Listiani Dewi menjelaskan penerangan lampu jalan ini sebagai upaya untuk menurunkan emisi yang merupakan investasi fisik dalam pemanfaatan energi baru dan terbarukan.

"Saya berharap hibah BMN yang diserahkan kepada pemerintah daerah dapat terus dipelihara, dijaga dan memberikan manfaat bagi masyarakat," katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan Kota Tangerang Achmad Suhaely mengatakan saat ini Pemkot telah membangun 136.767 unit penerangan jalan umum (PJU).

Pemkot Tangerang memiliki dua program penerangan yaitu Tangerang Terang yang dibangun oleh Dishub dan Kampung Terang yang dibangun oleh pihak kecamatan. Tangerang Terang memiliki 33.448 titik dan Kampung Terang memiliki 97.872 titik.

"Kami juga telah menerima serah terima PSU sebanyak 5.447 titik. Jadi, untuk Tangerang Terang ada sebanyak 38.459 titik. Ini merupakan upaya Pemkot Tangerang agar penerangan jalan di Kota Tangerang tetap maksimal," katanya.

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2024